Main Article Content

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media manipulatif dalam meningkatkan proses dan aktivitas belajar siswa kelas IV A SD Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A SD Negeri 1 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah human instrument, dengan menggunakan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapatkan dari hasil observasi yang telah dicatat dan hasil dokumentasi, data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan persamaan yaitu rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil penelitian ini yaitu (1)meningkatnya aktivitas guru dengan nilai rata-rata siklus I 34,5 meningkat 38,5 pada siklus II dan mencapai kriteria baik. (2) meningkatnya aktivitas siswa dengan nilai rata-rata siklus I 33,5 meningkat 37,5 pada sikluS II dan mencapai kriteria baik.
Kata kunci: media manipulatif, pembelajaran Matematika

Article Details

How to Cite
Herdianti, A., & Dharmayana, I. W. (2019). PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di Kelas IV A SD Negeri 1 Kota Bengkulu). TRIADIK, 16(2). https://doi.org/10.33369/triadik.v16i2.8862

References

  1. REFRENSI
  2. Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV.
  4. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika
  5. Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya.
  6. Karso. 2002. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Muhsetyo, Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  8. Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya Sanjaya.
  9. Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Peembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  10. Suhana, dkk. 2009. Konsep Strategi pembelajaran. Bandung: PT.Refika Aditama
  11. Suherman, Erman., & Winataputra, Udin S. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
  12. Wacana Prima Darhim. 1992. Work Shop Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka