Main Article Content

Abstract

Pada masanya angkot digunakan masyarakat dalam menunjang kegiatannya sehari-hari namun permasalahan yang muncul pada saat ini, jumlah pengguna angkot mulai mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja angkot dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap angkot. Kinerja angkutan  mengacu pada Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur (Direktorat Jendral Perhubungan Darat 2002).  Untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kepuasan dan kepentingan pengguna terhadap angkot dilakukan dengan pendekatan IPA (Importance-Performance Analysis) dan Customer Satification Index (CSI). Hasil studi kinerja angkot pada tahun 2019, menunjukan kriteria angkot dalam kinerja yang baik dengan nilai rata-rata adalah faktor muat 29,75 %, kecepatan perjalanan 24 km/jam, waktu antara 3,4 menit, waktu perjalanan 2,875 menit/km, dan waktu tunggu 1,7 menit. Sedangkan untuk penilaian tingkat kepuasan pelanggan terhadap angkutan umum berdasarkan pendekatan IPA dan penilaian CSI masuk ke dalam kriteria Cukup Baik dengan nilai CSI yang diperoleh 55,56% dalam range nilai 40% < 55,56 ?  60%.

 

Kata kunci: Angkutan umum, Kinerja, IPA, CSI.

Article Details

How to Cite
Mar’atusholihah, S. (2020). EVALUASI KEBUTUHAN DAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM PENUMPANG KOTA TASIKMALAYA. Inersia: Jurnal Teknik Sipil, 12(1), 45–57. https://doi.org/10.33369/ijts.12.1.45-57