Main Article Content
Abstract
Jalan merupakan sarana transportasi yang paling sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat, sehingga mempengaruhi aktifitas masyarakat sehari-hari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Jenis dan tingkat kerusakan jalan Meranti beserta jenis penanganannya. Panjang jalan yang diteliti pada penelitian ini adalah sejauh ±1600 m yang nantinya akan dibagi menjadi empat segmen dengan panjang masing-masing tiap segmen 400 m. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Surface Distress Index (SDI). Data yang diperlukan dalam melakukan penelitian ini adalah berupa dimensi kerusakan baik itu panjang, lebar dan kedalaman kerusakan. Berdasarkan hasil data dilapangan yang telah diolah didapatkan jenis dan tingkat kerusakan jalan seperti jalan berlubang 25,094%, Retak 67,381% dan alur bekas roda kendaraan sebesar 7,482%. Sedangkan untuk kondisi dan jenis penanganan kerusakan pada jalan Meranti Kota pekanbaru adalah pada Segmen I, II dan IV masuk kedalam kategori Baik dengan jenis penanganan kerusakannya adalah Pemeliharaan Rutin dan pada segmen III masuk kedalam kategori rusak ringan dimana penanganan kerusakannya adalah rehabilitasi jalan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anim, M., & Vol, H. A. (2019). Analisa Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pci Dan Aspalt Institute Ms-17, 8(2).
- Baihaqi, B., Saleh, S. M., & Anggraini, R. (2018). Tinjauan Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Kombinasi Nilai International Roughness Index (Iri) Dan Surface Distress Index (Sdi) Pada Jalan Takengon – Blangkejeren. Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 543–552. https://doi.org/10.24815/jts.v1i3.9993
- Bina, M., & Wesli, A. (n.d.). ( Evaluation Of Flexible Pavement Thickness And Analysis Of Flexible Pavement Deterioration Using Analisa Komponen , Austroads , And Asphalt Institute Methods And Kenpave Program ) Perkerasan kaku atau rigid pavement merupakan jenis perkerasan yang banyak, 16, 79–86.
- Nisumanti, S., & Prawinata, D. (2020). Penilaian Kondisi Jalan Menggunakan Metode International Roughness Index ( IRI ) Dan Surface Distress Index ( SDI ) Pada Ruas Jalan Akses Terminal Alang-Alang Lebar ( Studi Kasus : Sp . Soekarno Hatta – Bts . Kota Palembang Km 13 ), 09(2), 57–62.
- Pratami, P. F., & Hariyadi, E. S. (2018). Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Dan Metode Asphalt Institute ( Studi Kasus : Jalan Pantura , Bts . Kota Pamanukan - Sewo ), 1–10.
- Sanjaya, Y. A. (2016). PENILAIAN MENURUT BINA MARGA ( Studi Kasus Jalan Nasional Bireuen – Bts . Kota Lhokseumawe , Kecamatan Krueng Geukueh mulai Sta 253 + 000 s / d Sta 257 + 000 ). Jurnal Teknik Sipil, 1, 1–9.
- Sari, D. A., & Kisman, A. (2021). Penilaian Kondisi Jalan Poros Sabbang Selatan Menggunakan Metode Surface Distress Index, 6(1), 24–31.
- Setyawan, A., Banjarmasin, B., & Banjarmasin, B. (n.d.). Dengan Metode Asphalt Institute Pada Ruas Jalan Binuang – Batuhapu Kabupaten Tapin, (5 cm).
- Soehardi, F., Setiawan, T., & Winayati, W. (2021). Identifikasi Jenis-Jenis Kerusakan Jalan (Perkerasan Lentur) Studi Kasus Jalan Lintas Taluk Kuantan – Batas Provinsi Sumatera Barat. Racic : Rab Construction Research, 6(1), 69–77. https://doi.org/10.36341/racic.v6i1.1577
- Tho’atin, U., Setyawan, A., & Suprapto3, M. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (Iri), Surface Distress Index (Sdi) Dan Pavement Condition Index (Pci) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Semnastek, 0(0), 1–9.
- Yusri, M., Suraji, A., & Halim, A. (2019). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index ( Pci ) Dan Surface Distress Indek ( Sdi ), (Ciastech), 355–362.
References
Anim, M., & Vol, H. A. (2019). Analisa Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pci Dan Aspalt Institute Ms-17, 8(2).
Baihaqi, B., Saleh, S. M., & Anggraini, R. (2018). Tinjauan Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Kombinasi Nilai International Roughness Index (Iri) Dan Surface Distress Index (Sdi) Pada Jalan Takengon – Blangkejeren. Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 543–552. https://doi.org/10.24815/jts.v1i3.9993
Bina, M., & Wesli, A. (n.d.). ( Evaluation Of Flexible Pavement Thickness And Analysis Of Flexible Pavement Deterioration Using Analisa Komponen , Austroads , And Asphalt Institute Methods And Kenpave Program ) Perkerasan kaku atau rigid pavement merupakan jenis perkerasan yang banyak, 16, 79–86.
Nisumanti, S., & Prawinata, D. (2020). Penilaian Kondisi Jalan Menggunakan Metode International Roughness Index ( IRI ) Dan Surface Distress Index ( SDI ) Pada Ruas Jalan Akses Terminal Alang-Alang Lebar ( Studi Kasus : Sp . Soekarno Hatta – Bts . Kota Palembang Km 13 ), 09(2), 57–62.
Pratami, P. F., & Hariyadi, E. S. (2018). Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Dan Metode Asphalt Institute ( Studi Kasus : Jalan Pantura , Bts . Kota Pamanukan - Sewo ), 1–10.
Sanjaya, Y. A. (2016). PENILAIAN MENURUT BINA MARGA ( Studi Kasus Jalan Nasional Bireuen – Bts . Kota Lhokseumawe , Kecamatan Krueng Geukueh mulai Sta 253 + 000 s / d Sta 257 + 000 ). Jurnal Teknik Sipil, 1, 1–9.
Sari, D. A., & Kisman, A. (2021). Penilaian Kondisi Jalan Poros Sabbang Selatan Menggunakan Metode Surface Distress Index, 6(1), 24–31.
Setyawan, A., Banjarmasin, B., & Banjarmasin, B. (n.d.). Dengan Metode Asphalt Institute Pada Ruas Jalan Binuang – Batuhapu Kabupaten Tapin, (5 cm).
Soehardi, F., Setiawan, T., & Winayati, W. (2021). Identifikasi Jenis-Jenis Kerusakan Jalan (Perkerasan Lentur) Studi Kasus Jalan Lintas Taluk Kuantan – Batas Provinsi Sumatera Barat. Racic : Rab Construction Research, 6(1), 69–77. https://doi.org/10.36341/racic.v6i1.1577
Tho’atin, U., Setyawan, A., & Suprapto3, M. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (Iri), Surface Distress Index (Sdi) Dan Pavement Condition Index (Pci) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Semnastek, 0(0), 1–9.
Yusri, M., Suraji, A., & Halim, A. (2019). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index ( Pci ) Dan Surface Distress Indek ( Sdi ), (Ciastech), 355–362.