Main Article Content

Abstract

Longsor merupakan fenomena alam yang biasa terjadi, hal ini dikarenakan alam akan selalu menjaga kesetimbangannya.  Longsor  yang terjadi di desa Talang saling,  Seluma. Areal yang longsor ini   merupakan kawasan  kantor  dan  jalan perlintasan kendaraan. Studi  ini bertujuan untuk menganalisis kehandalan lereng sekitar area yang longsor,  yaitu  melakukan analisis  stabilitas lereng areal tersebut.  Studi ini juga meberikan  solusi menyelesaiakan masalah longsor ini, agar lereng aman terhadap bahaya longsor, yaitu dengan membuat  pemodelan lereng yang di potong sehingga lereng menjadi landai, dan membuat  pemodelan lereng yang di buat trap-trap sehingga  berat masa tenah lereng menjadi ringan, menyebabkan lereng aman terhadap bahaya longsor. Metoda  analisisnya  menggunakan metode kesetimbangan batas, untuk mendapatkan  angka  keamana lereng (FK). Penelitian ini melakukan uji sifat fisis maupun uji mekanik  sampel tanah asli yang diambil di lokasi lereng yang longsor dan melakukan pengukuran sudut kemiringan lereng.  Hasil uji sifat fisis maupun uji mekanik  sampel tanah  dan sudut  kemiringan lereng dijadikan input  pada hitungan dan analisis stabilitas lereng untuk memperoleh  angka keamanan lereng  (FK). Hasil pengujian uji sifat fisis maupun uji mekanik tanah asli adalah :  tanah lempung,  dan  sudut kemiringan lerengnya 15o. Dari analisis stabilitas lereng pada lereng asli semua lereng  mempunyai FK yang kurang dari 1,5 jadi lereng mempunyai performan tidak aman. Pada analisis stabilitas lereng yang dimodelkan : lereng dengan trap,  pada lereng 1 adalah 3 trap dengan kemiringan sudut yang aman 15o dari model ini didapat angka keamanan FK = 1,78 > 1,5 (lereng aman). Pemodelan lereng 2 adalah model  lereng yang aman  adalah lereng dengan sudut kemiringan 13o didapat angka keamanan FK = 1,59 > 1,5 (lereng aman). Pemodelan lereng   3 adalah dengan pemodelan 2 trap  dengan model sudut kemiringan lerengnya sebesar 14o didapat angka keamanan  FK = 1,963 > 1,5 (lereng aman).


Kata Kunci : Metode kesetimbangan batas,  Stabilitas Lereng, Terasering

Article Details

How to Cite
mawardi, mawardi, & Hellyward, J. (2023). STUDI PENGARUH SUDUT KEMIRINGAN LERENG DAN JUMLAH TRAP TERHADAP BAHAYA LONGSOR. Inersia: Jurnal Teknik Sipil, 15(2), 129–136. https://doi.org/10.33369/ijts.15.2.129-136