Main Article Content

Abstract

Peningkatan perkerasan jalan sangat dibutuhkan dibidang kontruksi jalan dalam konteks ini aspal porus sangat dan sering digunakan sebagai bahan pelapis jalan yang, dalam konsep jalan aspal porus dengan bahan tambahan limbah plastik LDPE (Low Density Polyethylene) berperan penting dalam perekat perkerasan jalan sebagai alternatif dan mempunyai kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap deformasi itu sendiri dibanding dengan aspal beton. Adapun tujuan dilakukan penelitian yaitu untuk mengetahui karakteristik Marshall terhadap kadar aspal optimum (KAO) dan dengan bahan tambahan limbah plastik LDPE pada perkerjasan aspal porus. Bahan pengisi aspal porus seperti agregat kasar, halus dan bahan pengisi filler (abu batu). Kadar rencana aspal 4%, 4,5%, 5%, 5,5% 6% dan kadar LDPE 0%, 2%, 4%, 6% dan 8%  dilakukan pengujian marshall dengan parameter yaitu AAPA 2004 (Australian Asphalt Pavement Association). Hasil analisis yang ditinjau dari pembahasan karakteristik Marshall terhadap campuran aspal porus dengan bahan tambahan plastik LDPE menyatakan hasil yang diperoleh nilai VIM tertinggi pada kadar 8% dengan memperoleh nilai 23,71%  dan yang terendah pada kadar 2% dengan memperoleh nilai 19,37% dan untuk nilai VMA yang tertinggi diperoleh pada kadar 8% sebesar 22,77%  dan untuk nilai terendah diperoleh pada kadar 2% sebesar 19,37%.

Article Details

How to Cite
-, M. S., Rahma, P. D., Primasworo, R. A., & Maliq, T. M. (2023). Karakteristik Aspal Porus Dengan Bahan Tambahan Agregat Yang Menggunakan Limbah Plastik (Low Density Polyethylene) LDPE. Inersia: Jurnal Teknik Sipil, 15(2), 85–94. https://doi.org/10.33369/ijts.15.2.85-94