Main Article Content
Abstract
Pejalan kaki merupakan salah satu aspek yang penting dalam sistem transportasi dan dibutuhkan ruang khusus dalam pergerakkannya yang disebut jalur pedestrian. Pada dasarnya kinerja lalu lintas pejalan kaki mirip dengan kinerja lalu lintas kendaraan yaitu dengan arus, kecepatan, dan kepadatan yang saling berhubungan. Penelitian ini mengambil lokasi di kawasan Mall Pelayanan Publik di Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik pejalan kaki, bagaimana hubungan antar variabel pejalan kaki, perbandingan nilai koefisein korelasi (r) dengan menggunakan metode Greenshields dan Greenberg. Selain itu untuk mengetahui kapasitas dan tingkat pelayanan pejalan kaki.Metode penelitian ini menggunakan metode survei dan metode analisis. Metode survei yakni dengan menggunakan teknik manual dalam pengamatan dan pengambilan data dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data jumlah pejalan kaki dan waktu tempuh pejalan kaki. Sedangkan metode analisis yakni dengan menggunakan metode Greenshields dan Greenberg. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik pejalan kaki sebagai berikut menurut Greenshields Dm = 0,0043 peds/m2 , Vm = 35,24 m/min, Qm = 1,4 peds/min/m. Menurut Greenberg Dm = 1,6 10-10 , Vm = 2,83 m/min, Qm =4,5 10-10 peds/min/m. Nilai korelasi (r) metode yang paling sesuai adalah metode Greenberg r = -0,391. Sedangkan tingkat pelayanan termasuk tingkat pelayanan “A”. hal ini menunjukkan fasilitas pejalan kaki kawasan Mall Pelayanan Publiik di Kota Pekanbaru mampu menampung pejalan kaki yang ada.
Article Details
Copyright (c) 2023 Muchammad Zaenal Muttaqin, Aldhi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.