Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ragam konseli sukarela dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling oleh guru bimbingan dan konseling terhadap peningkatan mutu akademik peserta didik SMP Ma’arif 5 Kota Metro. Pemberian layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik diharapakan dapat memandirikan peserta didik dan memiliki sikap kesukarelaan dalam mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling, sehingga dapat meningkatkan mutu akademik atau prestasi. Metode penelitian ini menggunakan survey dengan prosedur untuk memecahkan suatu penelitian. Penelitian adalah kegiatan ilmiah yang dilaksanakan melalui metode penelitian dapat diartikan juga sebagai cara untuk mengungkapkan gejala alam, sosial dalam kehidupan yang terjadi pada individu, serta dapat mempergunakan prosedur kerja sistematis, teratur, tertib, dan dapat dipertanggungjawabkan dengan secara ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan dan konseling dalam rangka peningkatan mutu akademik di sekolah sangat berpengaruh terhadap keaktifan dan kesukarelaan peserta didik agar mandiri dalam belajar. Mutu akademik di sekolah sangat mempengaruhi kualitas belajar peserta didik dan profesional guru dalam mengajar.

Article Details

Author Biographies

Andika Ari Saputra, Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro

Dosen Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro

Rizky Hidayatullah Hidayatullah, IAIM NU Metro Lampung

IAIM NU Metro Lampung

Muhyidin Thohir Thohir, IAIM NU Metro Lampung

IAIM NU Metro Lampung
How to Cite
Saputra, A. A., Hidayatullah, R. H., & Thohir, M. T. (2020). PENGARUH RAGAM KONSELI SUKARELA TERHADAP KEBERHASILAN PENINGKATAN MUTU AKADEMIK PESERTA DIDIK SMP MA’ARIF 5 KOTA METRO. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 106–116. https://doi.org/10.33369/consilia.3.2.106-116