Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan penguasaan konten dengan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dalam meringkas pada siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian Time Series Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar portofolio dan dokumentasi. Data dianalisis dengan rubrik kreativitas siswa dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kreativitas dalam meringkas siswa melalui layanan penguasaan konten dengan metode mind mapping, dengan nilai t = -4.116 dan sig. 0,003 (p < 0,05). Maka dapat disimpulkan ada peningkatan kreativitas dalam meringkas melalui layanan penguasaan konten dengan metode mind mapping pada siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : kreativitas dalam meringkas, layanan penguasaan konten, mind mapping.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Fadhilaturrahmi. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester IIA PGSD Mata Kuliah Pendidikan Matematika SD Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 112-121.
- Latih, Y. E. P. (2014). Efektivitas Bimbingan Belajat Teknik Peta Pikiran (Mind Map) Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1 (2), 1-13.
- Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
- Noviani, D. (2015). Peran Layanan Bimbingan Belajar Dengan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Kemampuan Mengingat Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Skripsi. FKIP UNIB.
- Noviasari. (2014). Metode Belajar Menggunakan Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan dan Konseling.
- Prayitno. (2004). Kegiatan Pendukung Konseling (L1-L9). Padang: FIP UNP.
- Umami, I. (2015). Keterampilan Belajar Sebagai Komponen Layanan Penguasaan Konten Dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmu Bimbingan dan Konseling, 5(1), 40-49.
- Sari, F. N dan Susilo. H. (2016). Penggunaan Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Biologi.
- Sholihah, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 8 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan dan Konseling.
- Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
References
Daftar Pustaka
Fadhilaturrahmi. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester IIA PGSD Mata Kuliah Pendidikan Matematika SD Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 112-121.
Latih, Y. E. P. (2014). Efektivitas Bimbingan Belajat Teknik Peta Pikiran (Mind Map) Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1 (2), 1-13.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Noviani, D. (2015). Peran Layanan Bimbingan Belajar Dengan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Kemampuan Mengingat Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Skripsi. FKIP UNIB.
Noviasari. (2014). Metode Belajar Menggunakan Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Prayitno. (2004). Kegiatan Pendukung Konseling (L1-L9). Padang: FIP UNP.
Umami, I. (2015). Keterampilan Belajar Sebagai Komponen Layanan Penguasaan Konten Dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmu Bimbingan dan Konseling, 5(1), 40-49.
Sari, F. N dan Susilo. H. (2016). Penggunaan Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Biologi.
Sholihah, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 8 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.