Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract terhadap perilaku agresif pada siswa SMP N 08 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen the one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 8 SMP N 08 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa. Sampel menggunakan teknik purposive samping. Jumlah sampel adalah 6 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif menurun setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukan dengan nilai t= 5.874 dengan taraf signifikasi (2-tailed) sebesar .002 yang berarti 000<0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok untuk menurunkan perilaku agresif siswa SMP N 08 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Konseling Kelompok, Behavior Contract, Perilaku AgresifArticle Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
- Baron & Robert, B. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga
- Dayakisni, T. & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Malang: UMM Press.
- Latipun. ( 2008). Psikologi Konseling. UMM Press.
- Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
- Purwasih, R. (2017). Hubungan Kompetensi Kontrol Diri Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Smk Bengkulu Utara. Jurnal consilia. Vol. 1. No.1, 2017, 55-58.
- Sentosa (2004). Kelompok teman sebaya. Jakarta: Alfabeta.
- Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: CV.
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Zuriah & Nuzul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara.
References
Daftar Pustaka
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Baron & Robert, B. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga
Dayakisni, T. & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Malang: UMM Press.
Latipun. ( 2008). Psikologi Konseling. UMM Press.
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwasih, R. (2017). Hubungan Kompetensi Kontrol Diri Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Smk Bengkulu Utara. Jurnal consilia. Vol. 1. No.1, 2017, 55-58.
Sentosa (2004). Kelompok teman sebaya. Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: CV.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Zuriah & Nuzul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara.