Main Article Content

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract terhadap perilaku agresif pada siswa SMP N 08 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen the one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 8 SMP N 08 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa. Sampel menggunakan teknik purposive samping. Jumlah sampel adalah 6 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif  menurun setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukan dengan nilai t= 5.874 dengan taraf signifikasi (2-tailed) sebesar .002 yang berarti 000<0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok untuk menurunkan perilaku agresif siswa SMP N 08 Kota Bengkulu.

Kata kunci: Konseling Kelompok, Behavior Contract, Perilaku Agresif

Article Details

How to Cite
guntara, egy, & Sulian, I. (2020). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII 8 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 117–125. https://doi.org/10.33369/consilia.3.2.117-125

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Baron & Robert, B. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga
  4. Dayakisni, T. & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Malang: UMM Press.
  5. Latipun. ( 2008). Psikologi Konseling. UMM Press.
  6. Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Purwasih, R. (2017). Hubungan Kompetensi Kontrol Diri Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Smk Bengkulu Utara. Jurnal consilia. Vol. 1. No.1, 2017, 55-58.
  8. Sentosa (2004). Kelompok teman sebaya. Jakarta: Alfabeta.
  9. Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: CV.
  10. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  11. Zuriah & Nuzul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara.