Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre test-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sample menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek 10 orang. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kejenuhan belajar siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok menurun dengan teknik self instruction, hal ini ditunjukkan dengan nilai t = 5,470 dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh efektivitas layanan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII 5 di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kejenuhan Belajar
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Alamri, Nurdjana. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).
- Dewantoro, A, Legowo, E, Chadidjah Dkk (2016). Keefektifan Teknik Self instruction Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).
- Dimyati & Mujiono. (2010). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
- IPT. Edi Sutarjo, Dewi ,Arum WMP., Ni. Kt. Suarni. (2014). Efektifitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi Dan Brain Gym Untuk Menurukan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Sigaraja Tahun Pelajaran 2013 / 2014. E-Journal Undiksa. 2(1).
- Florentika, K., Santoso, D, B., Simon, I, M. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(3), 104-111.
- Khusumawati, Z, E., & Cristiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi Dan Self-Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal UNESA. Vol 5 No.1. Diunduh 11 Desemer 2017.
- Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.
- Raqfika, U., Tjalla, A, dan Chanum, I. (2016). Penerapan Konseling Individu Dengan Teknik Instruksi Diri Dalam Pendekatan Terapi Kognitif-Perilaku Untuk Mengurangi Kejenuhan Pada Mahasiswa (Penelitian Subjek Tunggal Terhadap Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 126-133.
- Safaria, Triantoro. (2004). Terapi Kognitf-Perilaku Untuk Anak. Yogyakarta : Graham Ilmu.
- Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya.
- Jakarta: Bumi Aksara.
References
DAFTAR PUSTAKA
Alamri, Nurdjana. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).
Dewantoro, A, Legowo, E, Chadidjah Dkk (2016). Keefektifan Teknik Self instruction Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).
Dimyati & Mujiono. (2010). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
IPT. Edi Sutarjo, Dewi ,Arum WMP., Ni. Kt. Suarni. (2014). Efektifitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi Dan Brain Gym Untuk Menurukan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Sigaraja Tahun Pelajaran 2013 / 2014. E-Journal Undiksa. 2(1).
Florentika, K., Santoso, D, B., Simon, I, M. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(3), 104-111.
Khusumawati, Z, E., & Cristiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi Dan Self-Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal UNESA. Vol 5 No.1. Diunduh 11 Desemer 2017.
Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.
Raqfika, U., Tjalla, A, dan Chanum, I. (2016). Penerapan Konseling Individu Dengan Teknik Instruksi Diri Dalam Pendekatan Terapi Kognitif-Perilaku Untuk Mengurangi Kejenuhan Pada Mahasiswa (Penelitian Subjek Tunggal Terhadap Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 126-133.
Safaria, Triantoro. (2004). Terapi Kognitf-Perilaku Untuk Anak. Yogyakarta : Graham Ilmu.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya.
Jakarta: Bumi Aksara.