Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre test-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sample menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek 10 orang. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kejenuhan belajar siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok menurun dengan teknik self instruction, hal ini ditunjukkan dengan nilai t = 5,470 dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh efektivitas layanan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII 5 di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kejenuhan Belajar

Article Details

How to Cite
Faridah, U., & Mishbahuddin, A. (2020). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII 5 DI SMP NEGERI 04 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.33369/consilia.3.2.155-162

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Alamri, Nurdjana. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).
  3. Dewantoro, A, Legowo, E, Chadidjah Dkk (2016). Keefektifan Teknik Self instruction Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).
  4. Dimyati & Mujiono. (2010). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
  5. IPT. Edi Sutarjo, Dewi ,Arum WMP., Ni. Kt. Suarni. (2014). Efektifitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi Dan Brain Gym Untuk Menurukan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Sigaraja Tahun Pelajaran 2013 / 2014. E-Journal Undiksa. 2(1).
  6. Florentika, K., Santoso, D, B., Simon, I, M. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(3), 104-111.
  7. Khusumawati, Z, E., & Cristiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi Dan Self-Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal UNESA. Vol 5 No.1. Diunduh 11 Desemer 2017.
  8. Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.
  9. Raqfika, U., Tjalla, A, dan Chanum, I. (2016). Penerapan Konseling Individu Dengan Teknik Instruksi Diri Dalam Pendekatan Terapi Kognitif-Perilaku Untuk Mengurangi Kejenuhan Pada Mahasiswa (Penelitian Subjek Tunggal Terhadap Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 126-133.
  10. Safaria, Triantoro. (2004). Terapi Kognitf-Perilaku Untuk Anak. Yogyakarta : Graham Ilmu.
  11. Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya.
  12. Jakarta: Bumi Aksara.