Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hubungan antara internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau dan kemampuan bersosialisasi dengan pengelolaan emosi siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert yang menggunakan rentang 1 sampai 4. Sampel penelitian adalah siswa Kelas XI SMAN 1 Pancung Soal. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi dengan desain korelasi ganda. Berdasarkan analisis diperoleh nilai korelasi ganda rX12Y = 0,988 dengan p=0,000 < ? (0,05) maka kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau dan kemampuan bersosialisasi dengan pengelolaan emosi, dengan nilai positif yang artinya jika internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau baik dan kemampuan bersosialisasi baik maka pengelolaan emosi baik.
Kata kunci: Internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau, kemampuan bersosialisasi, pengelolaan emosi
THE RELATIONSHIP BETWEEN INTERNALIZATION OF MINANGKABAU CULTURAL VALUES AND THE ABILITY TO SOCIALIZE WITH EMOTIONAL MANAGEMENT OF STUNDENT OF
SMAN 1 PANCUNG SOAL
ABSTRACT
This study aims to determine the relationship between the internalization of Minangkabau cultural values and the ability to socialize with the emotional management. The data collection method uses a Likert scale that uses a range of 1 to 4. The research sample is Class XI students of SMAN 1 Pancung Problem. The sampling technique uses random sampling. The method used in this study is the quantitative correlation method with multiple correlation designs. Based on the analysis, it is obtained that the double correlation value of rX12Y = 0.988 with p = 0.000 <? (0.05), the conclusion is that there is a significant relationship between internalization of Minangkabau cultural values and the ability to socialize with emotional management, with positive values, which means if internalizing values good Minangkabau culture and good social skills then good emotional management.
Keywords: Internalization of Minangkabau Cultural Values, The Ability To Socialisze, Emotional Management.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Susanto, A. (1997). Pengantar Sosialisasi dan Perubahan Sosial. Jakarta: Bina Cipta.
- Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Jakarta: Pustaka Utama.
- Hamalik, O (2008). Proses belajar mengajar. Label: Rv 371.1 HAM p. Penerbit: Jakarta: Bumi Aksara
- Herawati. 2014. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Mojo Kabupaten Kediri. Skripsi
- Nadlir, (2014). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Jakarta: Pusaka Utama.
- M.S. Amir. (2006). Adat Minangkabau (pola dan tujuan hidup orang minangkabau). Jakarta:Mutiara Sumber Widya
- Mawarti, F. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa. Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. Skripsi. Diunduh dari http://simki.Ip2m.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file artikel/2015/11.1.01.01.0129.Pdf. Tanggal 10 Januari 2018.
- Mutammimah. (2014). Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 3 (01). Hal 42.
- Supratiknya. 1995. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirma. Vol. 04 (03). Hal 115-117.
- Wahyuni, Lilis. 2017. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Mojo Kabupaten Kediri. Skripsi
References
Daftar Pustaka
Susanto, A. (1997). Pengantar Sosialisasi dan Perubahan Sosial. Jakarta: Bina Cipta.
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Jakarta: Pustaka Utama.
Hamalik, O (2008). Proses belajar mengajar. Label: Rv 371.1 HAM p. Penerbit: Jakarta: Bumi Aksara
Herawati. 2014. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Mojo Kabupaten Kediri. Skripsi
Nadlir, (2014). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Jakarta: Pusaka Utama.
M.S. Amir. (2006). Adat Minangkabau (pola dan tujuan hidup orang minangkabau). Jakarta:Mutiara Sumber Widya
Mawarti, F. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa. Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. Skripsi. Diunduh dari http://simki.Ip2m.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file artikel/2015/11.1.01.01.0129.Pdf. Tanggal 10 Januari 2018.
Mutammimah. (2014). Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 3 (01). Hal 42.
Supratiknya. 1995. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirma. Vol. 04 (03). Hal 115-117.
Wahyuni, Lilis. 2017. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Mojo Kabupaten Kediri. Skripsi