Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test postest. Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecanduan bermain game online. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukan adanya penurunan kecanduan bermain game online setelah digunakan layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan uji t, dengan nilai t = 6.069 dengan tingkat signifikaansi p = 0,084 maka p< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online siswa kelas VIII C SMP N 17 Kota Bengkulu.

Kata kunci: layanan konseling kelompok, teknik manajemen diri, kecanduan bermain game online.

Article Details

How to Cite
Putra, A. A., & Syahriman, S. (2020). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS VIII C SMP N 17 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 262–270. https://doi.org/10.33369/consilia.3.3.262-270

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Kusrohmaniah, S & Yunita, H. (2004). Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan.Vol 1.No 1, 16-22.
  3. Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  4. Masya, Hardiansah & Candra,Dian, (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game online. Jurnal Bimbingan dan Konseling.Vol 3.No 2. 153-169.
  5. Ngafifi,Moh. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan:Fondasi dan Aplikasi. Vol 2. No 1,33-47.
  6. Nuryono, W & Fitry.M. (2015). Penerapan Konseling Keluarga Untuk Mengurangi Kecanduan Game online. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 05. No 1. 65-72.
  7. Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: BK FIP.
  8. Sudarsana ,Ketut I (2018).Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan.Vol 1.No 1. 8-15.
  9. Supriyati, A. (2013). Upaya Meningkatkan Self Management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Jakenan Pati.Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang.UNNES.
  10. Smith, Mardiah. (2011). Pengaruh Layanan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Vol 8.No 1. 22-32.
  11. Syahran,R. (2015). Ketergantungan Game online dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Vol 1.No 1.84-92.