Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test postest. Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecanduan bermain game online. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukan adanya penurunan kecanduan bermain game online setelah digunakan layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan uji t, dengan nilai t = 6.069 dengan tingkat signifikaansi p = 0,084 maka p< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online siswa kelas VIII C SMP N 17 Kota Bengkulu.
Kata kunci: layanan konseling kelompok, teknik manajemen diri, kecanduan bermain game online.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Kusrohmaniah, S & Yunita, H. (2004). Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan.Vol 1.No 1, 16-22.
- Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Masya, Hardiansah & Candra,Dian, (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game online. Jurnal Bimbingan dan Konseling.Vol 3.No 2. 153-169.
- Ngafifi,Moh. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan:Fondasi dan Aplikasi. Vol 2. No 1,33-47.
- Nuryono, W & Fitry.M. (2015). Penerapan Konseling Keluarga Untuk Mengurangi Kecanduan Game online. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 05. No 1. 65-72.
- Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: BK FIP.
- Sudarsana ,Ketut I (2018).Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan.Vol 1.No 1. 8-15.
- Supriyati, A. (2013). Upaya Meningkatkan Self Management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Jakenan Pati.Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang.UNNES.
- Smith, Mardiah. (2011). Pengaruh Layanan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Vol 8.No 1. 22-32.
- Syahran,R. (2015). Ketergantungan Game online dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Vol 1.No 1.84-92.
References
Daftar Pustaka
Kusrohmaniah, S & Yunita, H. (2004). Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan.Vol 1.No 1, 16-22.
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Masya, Hardiansah & Candra,Dian, (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game online. Jurnal Bimbingan dan Konseling.Vol 3.No 2. 153-169.
Ngafifi,Moh. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan:Fondasi dan Aplikasi. Vol 2. No 1,33-47.
Nuryono, W & Fitry.M. (2015). Penerapan Konseling Keluarga Untuk Mengurangi Kecanduan Game online. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 05. No 1. 65-72.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: BK FIP.
Sudarsana ,Ketut I (2018).Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan.Vol 1.No 1. 8-15.
Supriyati, A. (2013). Upaya Meningkatkan Self Management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Jakenan Pati.Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang.UNNES.
Smith, Mardiah. (2011). Pengaruh Layanan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Vol 8.No 1. 22-32.
Syahran,R. (2015). Ketergantungan Game online dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Vol 1.No 1.84-92.