Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik modelling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII F SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 11 kota Bengkulu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kedisiplinan siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotetis dengan hasil uji t -17.988, nilai sig sebesar 0,000 (<0,005) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik modelling terhadap kedisiplinan siswa.

Kata kunci : Layanan Penguasaan Konten, Kedisiplinan

Article Details

How to Cite
Afrizal, W., & Afriyati, V. (2020). PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 190–198. https://doi.org/10.33369/consilia.3.2.190-198

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Bungin, B. 2005. Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta : Salemba Human
  3. Durkheim, E. 1990. Pendidikan Moral Suatu Studi Toeri dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga
  4. Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Prayitno dan Amti, Erman. 2004. Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  6. Prayitno. 2004. L.1-L.9. Padang. Universitas Negeri Padang.
  7. Rimm, S. 2004. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia
  8. Roshita ita. 2014. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling. Jurnal BK UNS. Semarang. Vol 15. No 4. Hal 46-51.
  9. Sugiyono.2009. Statistik untuk Penelitian. Bandung.Penerbit: Alfabeta.
  10. Suhada, Idad. 2006. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Terhadap Berbagai Peraturan Sekolah : Studi Implementasi dan Ketakwaan di SMAN 1 Sukawening Garut. Jurnal UNS. Semarang Vol 3. No 1. Hal 17-30
  11. Sukmadinata, N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  12. Supriatna, M. 2011. Bimbingan dan konseling berbasis kompetensi. Jakarta. Penerbit : PT Raja Grafindo Persada
  13. Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo