Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik modelling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII F SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 11 kota Bengkulu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kedisiplinan siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotetis dengan hasil uji t -17.988, nilai sig sebesar 0,000 (<0,005) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik modelling terhadap kedisiplinan siswa.
Kata kunci : Layanan Penguasaan Konten, Kedisiplinan
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Bungin, B. 2005. Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta : Salemba Human
- Durkheim, E. 1990. Pendidikan Moral Suatu Studi Toeri dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga
- Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Prayitno dan Amti, Erman. 2004. Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
- Prayitno. 2004. L.1-L.9. Padang. Universitas Negeri Padang.
- Rimm, S. 2004. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia
- Roshita ita. 2014. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling. Jurnal BK UNS. Semarang. Vol 15. No 4. Hal 46-51.
- Sugiyono.2009. Statistik untuk Penelitian. Bandung.Penerbit: Alfabeta.
- Suhada, Idad. 2006. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Terhadap Berbagai Peraturan Sekolah : Studi Implementasi dan Ketakwaan di SMAN 1 Sukawening Garut. Jurnal UNS. Semarang Vol 3. No 1. Hal 17-30
- Sukmadinata, N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Supriatna, M. 2011. Bimbingan dan konseling berbasis kompetensi. Jakarta. Penerbit : PT Raja Grafindo Persada
- Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
References
Daftar Pustaka
Bungin, B. 2005. Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta : Salemba Human
Durkheim, E. 1990. Pendidikan Moral Suatu Studi Toeri dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga
Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Prayitno dan Amti, Erman. 2004. Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Prayitno. 2004. L.1-L.9. Padang. Universitas Negeri Padang.
Rimm, S. 2004. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia
Roshita ita. 2014. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling. Jurnal BK UNS. Semarang. Vol 15. No 4. Hal 46-51.
Sugiyono.2009. Statistik untuk Penelitian. Bandung.Penerbit: Alfabeta.
Suhada, Idad. 2006. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Terhadap Berbagai Peraturan Sekolah : Studi Implementasi dan Ketakwaan di SMAN 1 Sukawening Garut. Jurnal UNS. Semarang Vol 3. No 1. Hal 17-30
Sukmadinata, N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriatna, M. 2011. Bimbingan dan konseling berbasis kompetensi. Jakarta. Penerbit : PT Raja Grafindo Persada
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo