Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa dari kelas VIII 2 yang memiliki tingkat minat belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan minat belajar siswa menjadi meningkat diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy, hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test p = .027 maka p < 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy.

Kata kunci: minat belajar, layanan konseling kelompok, broken home

Article Details

How to Cite
luciana, nurmarisyah, Syahriman, S., & Afriyati, V. (2021). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE THERAPY DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.33369/consilia.4.1.64-72

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Bernadus. (2017). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Kelas IX B SMP Dharma Nusa Flores Timur. Universitas Satanata Dharma Yogyakarta.
  3. Mashudi, E.A. (2016). Konseling Rational Emotive Therapy Behavioral dengan Teknik Pencitraan untuk Meningkatkan Resiliensi Mahasiswa berstatus Sosial Ekonomi Rendah. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Banten.
  4. Komalasari, G. Wahyuni, E. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
  5. Prayitno, (1995). Layanan Konseling Kelompok. Universitas Negeri Padang.
  6. Rusmiati, (2017). Pengaruh Minat Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fatta Sumbermulyo. Jurnal Pendidkan dan Ekonomi. Vol.1 No.1 Hal.22-23
  7. Saiha, N.R. (2017). Pengaruh Konseling Individu Teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Dalam Mengatasi Kecemasan di Desa Ngestikarya Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas Provinsi Sumatera Selatan.Skripsi Fakultas Ilmu Pendidkan. Universitas Bengkulu.
  8. Selfianti, O.K. (2016). Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Self-Esteem dan Asertifitas Siswa Broken Home di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.
  9. Sri, M. (2015). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 .Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 1 No.2 Hal.2.
  10. Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
  11. Sutanti, T. (2015). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang