Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa dari kelas VIII 2 yang memiliki tingkat minat belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan minat belajar siswa menjadi meningkat diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy, hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test p = .027 maka p < 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy.
Kata kunci: minat belajar, layanan konseling kelompok, broken home
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Bernadus. (2017). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Kelas IX B SMP Dharma Nusa Flores Timur. Universitas Satanata Dharma Yogyakarta.
- Mashudi, E.A. (2016). Konseling Rational Emotive Therapy Behavioral dengan Teknik Pencitraan untuk Meningkatkan Resiliensi Mahasiswa berstatus Sosial Ekonomi Rendah. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Banten.
- Komalasari, G. Wahyuni, E. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
- Prayitno, (1995). Layanan Konseling Kelompok. Universitas Negeri Padang.
- Rusmiati, (2017). Pengaruh Minat Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fatta Sumbermulyo. Jurnal Pendidkan dan Ekonomi. Vol.1 No.1 Hal.22-23
- Saiha, N.R. (2017). Pengaruh Konseling Individu Teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Dalam Mengatasi Kecemasan di Desa Ngestikarya Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas Provinsi Sumatera Selatan.Skripsi Fakultas Ilmu Pendidkan. Universitas Bengkulu.
- Selfianti, O.K. (2016). Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Self-Esteem dan Asertifitas Siswa Broken Home di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.
- Sri, M. (2015). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 .Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 1 No.2 Hal.2.
- Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sutanti, T. (2015). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang
References
Daftar Pustaka
Bernadus. (2017). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Kelas IX B SMP Dharma Nusa Flores Timur. Universitas Satanata Dharma Yogyakarta.
Mashudi, E.A. (2016). Konseling Rational Emotive Therapy Behavioral dengan Teknik Pencitraan untuk Meningkatkan Resiliensi Mahasiswa berstatus Sosial Ekonomi Rendah. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Banten.
Komalasari, G. Wahyuni, E. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Prayitno, (1995). Layanan Konseling Kelompok. Universitas Negeri Padang.
Rusmiati, (2017). Pengaruh Minat Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fatta Sumbermulyo. Jurnal Pendidkan dan Ekonomi. Vol.1 No.1 Hal.22-23
Saiha, N.R. (2017). Pengaruh Konseling Individu Teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Dalam Mengatasi Kecemasan di Desa Ngestikarya Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas Provinsi Sumatera Selatan.Skripsi Fakultas Ilmu Pendidkan. Universitas Bengkulu.
Selfianti, O.K. (2016). Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Self-Esteem dan Asertifitas Siswa Broken Home di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.
Sri, M. (2015). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 .Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 1 No.2 Hal.2.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutanti, T. (2015). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang