Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku agresif dengan penalaran moral Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini untuk populasi 146 siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu adalah 116 yang diambil dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Kemudian, teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa ada hubungan antara perilaku agresif dengan penalaran moral kelas XI IPS di SMA N 4 Kota Bengkulu. Hasil korelasi berdasarkan perhitungan SPSS 16 adalah senilai -0,337. Angka mnegatif menunjukkan adanya hubungan yang negatif, maksudnya ketika penalaran moral tinggi perilaku agresif rendah. Begitu juga sebaliknya.

 

Kata Kunci: perilaku agresif, penalaran moral

Article Details

How to Cite
agustia, atika tri, & Hadiwinarto, H. (2021). HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.33369/consilia.4.1.45-54

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran nilai karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Afroh, k. 2014. Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Menyontek pada Siswa Madrasyah Tsanawiyah Negeri Gundowulung Bantul”. Skripsi. Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta
  4. Darmadi, H. 2014. Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta
  5. Davidoff, L. 1991. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta:Erlangga.
  6. Lathifa, W A. 2015. “Hubungan antara Penalaran Moral dengan Kecerdasaan Spritual pada siswa” . Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 1 No.3 Januari 2015. Hal. 79-85
  7. Permadani, E. dkk. 2015 Peningkatan Perilaku Sopan Santun Anak Melalui Sosiodrama Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Pringkuku Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Sosiologi Volume 20 (4) hal 256-260. Diakses dari: http://dx.doi.org/10.1080/09669760.2014.951601.
  8. Restu, Yoshi 2013. Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013. Hal 243-249. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor.
  9. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
  10. Susantyo, Badrun. 2011. Memahami Perilaku Agresif. Jurnal Informasi, Vol. 16 No. 03 Tahun 2011. Universitas Negeri Malang. Diunduh Pada 6 agustus 2019. Hal 189-202.
  11. Waetakolive. 2019. Santri Senior Aniaya Junior di Asrama Ponpes Hingga Tewas, Tersangka Dijerat Pasal Berlapis. Berita Online. Wartakotalive.com. www.google.com/amp/s/wartakota.tribunnews.com/amp/2019/08/23/santr-senior-aniaya-junior-di-asrama-ponpes-hingga-tewas-tersangka-dijerat-pasal-berlapi.