Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku agresif dengan penalaran moral Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini untuk populasi 146 siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu adalah 116 yang diambil dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Kemudian, teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa ada hubungan antara perilaku agresif dengan penalaran moral kelas XI IPS di SMA N 4 Kota Bengkulu. Hasil korelasi berdasarkan perhitungan SPSS 16 adalah senilai -0,337. Angka mnegatif menunjukkan adanya hubungan yang negatif, maksudnya ketika penalaran moral tinggi perilaku agresif rendah. Begitu juga sebaliknya.
Kata Kunci: perilaku agresif, penalaran moral
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran nilai karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Afroh, k. 2014. Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Menyontek pada Siswa Madrasyah Tsanawiyah Negeri Gundowulung Bantul”. Skripsi. Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta
- Darmadi, H. 2014. Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta
- Davidoff, L. 1991. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta:Erlangga.
- Lathifa, W A. 2015. “Hubungan antara Penalaran Moral dengan Kecerdasaan Spritual pada siswa” . Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 1 No.3 Januari 2015. Hal. 79-85
- Permadani, E. dkk. 2015 Peningkatan Perilaku Sopan Santun Anak Melalui Sosiodrama Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Pringkuku Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Sosiologi Volume 20 (4) hal 256-260. Diakses dari: http://dx.doi.org/10.1080/09669760.2014.951601.
- Restu, Yoshi 2013. Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013. Hal 243-249. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
- Susantyo, Badrun. 2011. Memahami Perilaku Agresif. Jurnal Informasi, Vol. 16 No. 03 Tahun 2011. Universitas Negeri Malang. Diunduh Pada 6 agustus 2019. Hal 189-202.
- Waetakolive. 2019. Santri Senior Aniaya Junior di Asrama Ponpes Hingga Tewas, Tersangka Dijerat Pasal Berlapis. Berita Online. Wartakotalive.com. www.google.com/amp/s/wartakota.tribunnews.com/amp/2019/08/23/santr-senior-aniaya-junior-di-asrama-ponpes-hingga-tewas-tersangka-dijerat-pasal-berlapi.
References
Daftar Pustaka
Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran nilai karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Afroh, k. 2014. Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Menyontek pada Siswa Madrasyah Tsanawiyah Negeri Gundowulung Bantul”. Skripsi. Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta
Darmadi, H. 2014. Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta
Davidoff, L. 1991. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta:Erlangga.
Lathifa, W A. 2015. “Hubungan antara Penalaran Moral dengan Kecerdasaan Spritual pada siswa” . Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 1 No.3 Januari 2015. Hal. 79-85
Permadani, E. dkk. 2015 Peningkatan Perilaku Sopan Santun Anak Melalui Sosiodrama Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Pringkuku Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Sosiologi Volume 20 (4) hal 256-260. Diakses dari: http://dx.doi.org/10.1080/09669760.2014.951601.
Restu, Yoshi 2013. Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013. Hal 243-249. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Susantyo, Badrun. 2011. Memahami Perilaku Agresif. Jurnal Informasi, Vol. 16 No. 03 Tahun 2011. Universitas Negeri Malang. Diunduh Pada 6 agustus 2019. Hal 189-202.
Waetakolive. 2019. Santri Senior Aniaya Junior di Asrama Ponpes Hingga Tewas, Tersangka Dijerat Pasal Berlapis. Berita Online. Wartakotalive.com. www.google.com/amp/s/wartakota.tribunnews.com/amp/2019/08/23/santr-senior-aniaya-junior-di-asrama-ponpes-hingga-tewas-tersangka-dijerat-pasal-berlapi.