Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi siswa kelas VIII terhadap Guru BK di SMP Mutiara Persada Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, mengetahui bagaimana peran Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Mutiara Persada Yogyakarta untuk mengubah persepsi negatif siswa terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, mengetahui faktor pendukung dalam mengubah persepsi negatif siswa kelas VIII terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, serta mengetahui faktor penghambat dalam mengubah persepsi negatif siswa kelas VIII terhadap Guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII di SMP Mutiara Persada Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara yang dilakukan kepada perwakilan siswa kelas VIII, Guru Bimbingan dan Konseling, dan Kepala Sekolah SMP Mutiara Persada Yogyakarta, serta dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengujian keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa kelas VIII di SMP Mutiara Persada Yogyakarta yang memiliki persepsi negatif terhadap Guru Bimbingan dan Konseling. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengubah persepsi negatif adalah dengan melakukan pendekatan dengan siswa, bersikap ramah, dan pemberian penghargaan. Faktor pendukung dalam mengubah persepsi negatif siswa adalah adanya dukungan dari kepala sekolah dan kesadaran diri siswa akan Bimbingan dan Konseling. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman guru mata pelajaran terhadap Guru Bimbingan dan Konseling serta kurangnya pengamalan Guru Bimbingan dan Konseling.

Article Details

How to Cite
Gita, K. N., & Perianto, E. (2020). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF SISWA SMP DI YOGYAKARTA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 282–289. https://doi.org/10.33369/consilia.3.3.282-289

References

  1. Bimo Walgito. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta. Andi Offset.
  2. Bisri Mustofa. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Parama Ilmu.
  3. Burhanuddin Salam. 2011. Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: Rineka Cipta.
  4. J.M. Lesmana. 2015. Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
  5. Kusno Effendi. 2016. Proses Dan Keterampilan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Makmun Khairani. 2013. Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  7. Mohammad Jauhari & Wardati. 2011. Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
  8. Pemerintah Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia No. 111 Th. 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Sekretariat Negara. Jakarta.