Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi siswa kelas VIII terhadap Guru BK di SMP Mutiara Persada Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, mengetahui bagaimana peran Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Mutiara Persada Yogyakarta untuk mengubah persepsi negatif siswa terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, mengetahui faktor pendukung dalam mengubah persepsi negatif siswa kelas VIII terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, serta mengetahui faktor penghambat dalam mengubah persepsi negatif siswa kelas VIII terhadap Guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII di SMP Mutiara Persada Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara yang dilakukan kepada perwakilan siswa kelas VIII, Guru Bimbingan dan Konseling, dan Kepala Sekolah SMP Mutiara Persada Yogyakarta, serta dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengujian keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa kelas VIII di SMP Mutiara Persada Yogyakarta yang memiliki persepsi negatif terhadap Guru Bimbingan dan Konseling. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengubah persepsi negatif adalah dengan melakukan pendekatan dengan siswa, bersikap ramah, dan pemberian penghargaan. Faktor pendukung dalam mengubah persepsi negatif siswa adalah adanya dukungan dari kepala sekolah dan kesadaran diri siswa akan Bimbingan dan Konseling. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman guru mata pelajaran terhadap Guru Bimbingan dan Konseling serta kurangnya pengamalan Guru Bimbingan dan Konseling.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Bimo Walgito. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta. Andi Offset.
- Bisri Mustofa. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Parama Ilmu.
- Burhanuddin Salam. 2011. Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: Rineka Cipta.
- J.M. Lesmana. 2015. Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
- Kusno Effendi. 2016. Proses Dan Keterampilan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Makmun Khairani. 2013. Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
- Mohammad Jauhari & Wardati. 2011. Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
- Pemerintah Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia No. 111 Th. 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Sekretariat Negara. Jakarta.
References
Bimo Walgito. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta. Andi Offset.
Bisri Mustofa. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Parama Ilmu.
Burhanuddin Salam. 2011. Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: Rineka Cipta.
J.M. Lesmana. 2015. Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Kusno Effendi. 2016. Proses Dan Keterampilan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Makmun Khairani. 2013. Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Mohammad Jauhari & Wardati. 2011. Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Pemerintah Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia No. 111 Th. 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Sekretariat Negara. Jakarta.