Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh aktivitas literasi belajar dari rumah terhadap keterampilan sosial anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianya yaitu penelitian eksperimen dengan cara memberikan aktivitas literasi kepada kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 10 anak.  Proses penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan jenis desain one group pre-test and post-test design. Penelitian ini dilaksanakan di rumah siswa masing-masing dan diskusi bersama. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai skor Z adalah -3. 921 dengan taraf signifikasi 0. 000 (p<0. 05), artinya uji hipotesis nol yang berbunyi “ Tidak ada perbedaan keterampilan sosial antara anak yang diberikan aktivitas literasi dengan anak yang tidak diberikan aktivitas literasi Ditolak”. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan sosial sebelum dan setelah diberikan perlakukan.

 

Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Literasi

 

ABSTRACT

          This research aims to describe the effect of the activity home learning literacy on children's social skills.The method of the research uses quantitative research with the type of experimental research by providing literacy activities to the experimental group. The Subjects of this research were 10 Children. The research process carried out in this research was a pre-experimental design with one group pre-test and post-test design. This research was conducted in each student's house and the researcher had discussion together.The result of this research shows that score Z is -3. 92significance 0. 000 (p<0. 05) it means null hypothesis test that show “No difference social skill between by giving literature activity with children who are not given literature activity rejection”. This means , there is significance difference between social skill before and after giving treatment.

Keywords : Social Skill, Literacy

Article Details

How to Cite
Farenza, R., & Dharmayana, I. W. (2021). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MENGGUNAKAN LITERASI BELAJAR DARI RUMAH DALAM LAYANAN RESPONSIF DENGAN FORMAT INDIVIDUAL DI SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 26–33. https://doi.org/10.33369/consilia.4.1.26-33

References

  1. Agustriana, N. (2013). Pengaruh Metode Edutaintment dan Konsep Diri terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 7(2), 267-286
  2. Ani, C., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2017). Memadupadankan antara Kompetensi Konselor Aspek Asesmen BK dengan Pengembangan Literasi Siswa di Sekolah 1. Satya Widya, 34(November 2017), 1–12.
  3. Aryani, D. (2015). Implementasi Teams Games Tournaments ( TGT ) Berbantuan Media Abstrak. Forum Ilmu Sosial, 42(Juni 2015), 81–105.
  4. Budiwati, B. H. (2019). Proses literasi digital terhadap anak: tantangan pendidikan di zaman now. Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 11(1), 1-17.
  5. Dwi, E & Mahmudah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Controversial Issues (Ci) Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Yang Responsif Gender . Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, : 02(02), 265-281
  6. Pintoko, R, Pargito & Rufaidah, E (2018). Analisis Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Smp Negeri 3 Pardasuka 1. Jurnal Studi sosial. 06(01).1-13
  7. Rahman, Y., & Atjalau, C. (2019). [ Cultivation of Critical Literacy ]. PEDAGOGIA:Jurnal Pendidikan, 8(2), 321–332.
  8. Ratna, N. (2014). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Di Sd Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Aktualisasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter, 243-253
  9. Sumadi, S. (2014). Metodelogi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers
  10. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B). Bandung : Alfabeta
  11. Tatang G, Yunidar & Syahruddin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Mitra Kencana Media
  12. Zubaidah, S. (2017). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa, 1, 17.