Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh aktivitas literasi belajar dari rumah terhadap keterampilan sosial anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianya yaitu penelitian eksperimen dengan cara memberikan aktivitas literasi kepada kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 10 anak. Proses penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan jenis desain one group pre-test and post-test design. Penelitian ini dilaksanakan di rumah siswa masing-masing dan diskusi bersama. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai skor Z adalah -3. 921 dengan taraf signifikasi 0. 000 (p<0. 05), artinya uji hipotesis nol yang berbunyi “ Tidak ada perbedaan keterampilan sosial antara anak yang diberikan aktivitas literasi dengan anak yang tidak diberikan aktivitas literasi Ditolak”. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan sosial sebelum dan setelah diberikan perlakukan.
Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Literasi
ABSTRACT
This research aims to describe the effect of the activity home learning literacy on children's social skills.The method of the research uses quantitative research with the type of experimental research by providing literacy activities to the experimental group. The Subjects of this research were 10 Children. The research process carried out in this research was a pre-experimental design with one group pre-test and post-test design. This research was conducted in each student's house and the researcher had discussion together.The result of this research shows that score Z is -3. 92b significance 0. 000 (p<0. 05) it means null hypothesis test that show “No difference social skill between by giving literature activity with children who are not given literature activity rejection”. This means , there is significance difference between social skill before and after giving treatment.
Keywords : Social Skill, LiteracyArticle Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agustriana, N. (2013). Pengaruh Metode Edutaintment dan Konsep Diri terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 7(2), 267-286
- Ani, C., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2017). Memadupadankan antara Kompetensi Konselor Aspek Asesmen BK dengan Pengembangan Literasi Siswa di Sekolah 1. Satya Widya, 34(November 2017), 1–12.
- Aryani, D. (2015). Implementasi Teams Games Tournaments ( TGT ) Berbantuan Media Abstrak. Forum Ilmu Sosial, 42(Juni 2015), 81–105.
- Budiwati, B. H. (2019). Proses literasi digital terhadap anak: tantangan pendidikan di zaman now. Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 11(1), 1-17.
- Dwi, E & Mahmudah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Controversial Issues (Ci) Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Yang Responsif Gender . Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, : 02(02), 265-281
- Pintoko, R, Pargito & Rufaidah, E (2018). Analisis Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Smp Negeri 3 Pardasuka 1. Jurnal Studi sosial. 06(01).1-13
- Rahman, Y., & Atjalau, C. (2019). [ Cultivation of Critical Literacy ]. PEDAGOGIA:Jurnal Pendidikan, 8(2), 321–332.
- Ratna, N. (2014). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Di Sd Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Aktualisasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter, 243-253
- Sumadi, S. (2014). Metodelogi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers
- Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B). Bandung : Alfabeta
- Tatang G, Yunidar & Syahruddin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Mitra Kencana Media
- Zubaidah, S. (2017). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa, 1, 17.
References
Agustriana, N. (2013). Pengaruh Metode Edutaintment dan Konsep Diri terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 7(2), 267-286
Ani, C., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2017). Memadupadankan antara Kompetensi Konselor Aspek Asesmen BK dengan Pengembangan Literasi Siswa di Sekolah 1. Satya Widya, 34(November 2017), 1–12.
Aryani, D. (2015). Implementasi Teams Games Tournaments ( TGT ) Berbantuan Media Abstrak. Forum Ilmu Sosial, 42(Juni 2015), 81–105.
Budiwati, B. H. (2019). Proses literasi digital terhadap anak: tantangan pendidikan di zaman now. Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 11(1), 1-17.
Dwi, E & Mahmudah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Controversial Issues (Ci) Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Yang Responsif Gender . Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, : 02(02), 265-281
Pintoko, R, Pargito & Rufaidah, E (2018). Analisis Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Smp Negeri 3 Pardasuka 1. Jurnal Studi sosial. 06(01).1-13
Rahman, Y., & Atjalau, C. (2019). [ Cultivation of Critical Literacy ]. PEDAGOGIA:Jurnal Pendidikan, 8(2), 321–332.
Ratna, N. (2014). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Di Sd Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Aktualisasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter, 243-253
Sumadi, S. (2014). Metodelogi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B). Bandung : Alfabeta
Tatang G, Yunidar & Syahruddin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Mitra Kencana Media
Zubaidah, S. (2017). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa, 1, 17.