Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik bermain pertan terhadap self esteem siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain one group pre test post test. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dengan jumlah sampel penelitian ini adalah 6 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan self esteem siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik bermain peran dengan hasil uji t -14.223, nilai sig sebesar 0.000 ( <0.05) maka  ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik bermain peran terhadap self esteem siswa.

Kata kunci : Layanan Konseling kelompok, Teknik Bermain Peran, Self Esteem siswa.

Article Details

Author Biographies

M. Nur Hajarul Aswad, Universitas Bengkulu

Lahir tanggal 16 November 1995 di Bengkolan Salak, Riau.

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Arsyadani Mishbahuddin

Dosen, Prodi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Bengkulu
How to Cite
Aswad, M. N. H., & Mishbahuddin, A. (2021). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP SELF ESTEEM SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 8 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 206–215. https://doi.org/10.33369/consilia.4.2.206-215

References

  1. Borualogo, Ihsana Sabriani. (2004). Hubungan antara Persepsi tentang Figur Attachment dengan Self Esteem Remaja Panti Asuhan Muhammadiyah. jurnal Psikologi 13. (1). 29-49.
  2. Danim, Sudarwan. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
  3. Johana E. Prawitasari. (2011). Psikologi Klinis. Pengantar terapan Mikro dan Makro. Jakarta : Erlangga.
  4. Mahyuddin, M Junedi. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial, Jurnal Psikologi & Konseling. STKIP Muhammadiyah Enrekang, II (1), 1-11, E-ISSN: 2477-2518.
  5. Nahar, Novi I.(2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ). Volume 1, ISSN 2541-657X
  6. Refnaldi. (2018). Konsep Self Esteem Serta Implikasinya Pada Siswa, Jurnal Education. IICET, IV (1), 16-22, E ISSN 2477-0302.
  7. Robbert A, Barron. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
  8. Sakinah, Umul,(2018). Konseling Behavioristik dalam Membentuk Perilaku Mandiri Merawat Diri Pada Tunagrahita. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, XV,(I), 68-84.
  9. Santrock, John W. (2009). Perkembangan Anak, Edisi II. Jakarta:Erlangga
  10. Susanti,susi.(2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, And Review) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prgram Studi Pendidikan Sejarah Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Edukas. IKIP PGRI Pontianaki, Vol. 13, No. 1
  11. Uljannah, Dita A,(2018). “Penerapan Konseling kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung