Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik bermain pertan terhadap self esteem siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain one group pre test post test. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dengan jumlah sampel penelitian ini adalah 6 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan self esteem siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik bermain peran dengan hasil uji t -14.223, nilai sig sebesar 0.000 ( <0.05) maka ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik bermain peran terhadap self esteem siswa.
Kata kunci : Layanan Konseling kelompok, Teknik Bermain Peran, Self Esteem siswa.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Borualogo, Ihsana Sabriani. (2004). Hubungan antara Persepsi tentang Figur Attachment dengan Self Esteem Remaja Panti Asuhan Muhammadiyah. jurnal Psikologi 13. (1). 29-49.
- Danim, Sudarwan. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
- Johana E. Prawitasari. (2011). Psikologi Klinis. Pengantar terapan Mikro dan Makro. Jakarta : Erlangga.
- Mahyuddin, M Junedi. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial, Jurnal Psikologi & Konseling. STKIP Muhammadiyah Enrekang, II (1), 1-11, E-ISSN: 2477-2518.
- Nahar, Novi I.(2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ). Volume 1, ISSN 2541-657X
- Refnaldi. (2018). Konsep Self Esteem Serta Implikasinya Pada Siswa, Jurnal Education. IICET, IV (1), 16-22, E ISSN 2477-0302.
- Robbert A, Barron. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
- Sakinah, Umul,(2018). Konseling Behavioristik dalam Membentuk Perilaku Mandiri Merawat Diri Pada Tunagrahita. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, XV,(I), 68-84.
- Santrock, John W. (2009). Perkembangan Anak, Edisi II. Jakarta:Erlangga
- Susanti,susi.(2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, And Review) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prgram Studi Pendidikan Sejarah Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Edukas. IKIP PGRI Pontianaki, Vol. 13, No. 1
- Uljannah, Dita A,(2018). “Penerapan Konseling kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
References
Borualogo, Ihsana Sabriani. (2004). Hubungan antara Persepsi tentang Figur Attachment dengan Self Esteem Remaja Panti Asuhan Muhammadiyah. jurnal Psikologi 13. (1). 29-49.
Danim, Sudarwan. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Johana E. Prawitasari. (2011). Psikologi Klinis. Pengantar terapan Mikro dan Makro. Jakarta : Erlangga.
Mahyuddin, M Junedi. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial, Jurnal Psikologi & Konseling. STKIP Muhammadiyah Enrekang, II (1), 1-11, E-ISSN: 2477-2518.
Nahar, Novi I.(2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ). Volume 1, ISSN 2541-657X
Refnaldi. (2018). Konsep Self Esteem Serta Implikasinya Pada Siswa, Jurnal Education. IICET, IV (1), 16-22, E ISSN 2477-0302.
Robbert A, Barron. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
Sakinah, Umul,(2018). Konseling Behavioristik dalam Membentuk Perilaku Mandiri Merawat Diri Pada Tunagrahita. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, XV,(I), 68-84.
Santrock, John W. (2009). Perkembangan Anak, Edisi II. Jakarta:Erlangga
Susanti,susi.(2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, And Review) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prgram Studi Pendidikan Sejarah Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Edukas. IKIP PGRI Pontianaki, Vol. 13, No. 1
Uljannah, Dita A,(2018). “Penerapan Konseling kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung