Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan media film terhadap perilaku narsisme remaja di Desa Pelalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel pada penelitian ini adalah 9 orang remaja di Desa Pelalo. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan yang signifikan efektifitas layanan bimbingan kelompok menggunakan media film terhadap perilaku narsisme remaja. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotetis dengan hasil uji t 12.072 nilai sig sebesar 0,000 (<0,005) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat efektifitas layanan bimbingan kelompok menggunakan media film terhadap perilaku narsisme remaja di Desa Pelalo.
Kata kunci : layanan bimbingan kelompok, media film, perilaku narsisme
ABSTRACT
The aim of this research was to descripted the effectiveness of group counseling services with using film media on narsism behavior in adolescents in Pelalo Village . This research was an experimental research and used one group pretest and posttest research’s design. The sampling technique used in this research was purposive sampling, the participant of this research were 9 teenagers in Pelalo Village. The result obtained from this research showed that there was a significant decrease of the effectivity of group counseling to reduced adolescent narcissism. This result could be seen from t test result 12.072, the sig value of 0.000 (<0.005) so Ho was rejected. Then it could be concluded that there was an effectiveness of group guidance services with using film media on narsism behavior in adolescents in Pelalo Village
Keywords : group counseling, film media, narsism behavior
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arifiyanto, F. (2015). Pengembangan Media Film Pendek Berbasis Kontekstual untuk Kompetensi Menulis naskah Drama Bagi Siswa kelas XI SMA. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Semarang.
- Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Djemari Mardapi (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendididikan. Yogyakarta: Nuha Medika
- Engkus, E., Hikmat, H., & Saminnurahmat, K. (2017). Perilaku Narsis pada Media Sosial di Kalangan Remaja dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20 (2), 121–134.
- Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA,1 (1), 91–106.
- Maria, H., Prihanto, S. & Sukamto, E. (2001). Hubungan antara Ketidakpuasan Terhadap Sosok Tubuh (Body Satisfaction) dan Kecenderungan kepribadian narsistik Dengan Gangguan Makan (Kecenderungan Anorexia Nervosa dan Bulimia Nervosa). Indonesian Psychological Journal, 16 (3), 272-289.
- Nur Asiah, Taufik, F. (2018). Hubungan Self Control dengan Kecenderungan Narsistik Siswa Pengguna Jejaring Sosial Instagram di SMP Negeri 2 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1 (1), 1–7.
- Purnamasari, A., & Agustin, V. (2018). Hubungan Citra Diri Dengan Perilaku Narsisisme Pada Remaja Putri Pengguna Instagram Di Kota Prabumulih. Jurnal Psibernetika, 11(2), 115–132.
- Putri Adri Setyowati, yari D. (2014). Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X Sma Kartika Iii-1 Banyubiru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Satya Widya, 30 (1), 8.
- Widiyanti, W., Solehuddin, M., & Saomah, A. (2017). Profil Perilaku Narsisme Remaja serta Implikasinya Bagi Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 15–26.
References
Arifiyanto, F. (2015). Pengembangan Media Film Pendek Berbasis Kontekstual untuk Kompetensi Menulis naskah Drama Bagi Siswa kelas XI SMA. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djemari Mardapi (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendididikan. Yogyakarta: Nuha Medika
Engkus, E., Hikmat, H., & Saminnurahmat, K. (2017). Perilaku Narsis pada Media Sosial di Kalangan Remaja dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20 (2), 121–134.
Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA,1 (1), 91–106.
Maria, H., Prihanto, S. & Sukamto, E. (2001). Hubungan antara Ketidakpuasan Terhadap Sosok Tubuh (Body Satisfaction) dan Kecenderungan kepribadian narsistik Dengan Gangguan Makan (Kecenderungan Anorexia Nervosa dan Bulimia Nervosa). Indonesian Psychological Journal, 16 (3), 272-289.
Nur Asiah, Taufik, F. (2018). Hubungan Self Control dengan Kecenderungan Narsistik Siswa Pengguna Jejaring Sosial Instagram di SMP Negeri 2 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1 (1), 1–7.
Purnamasari, A., & Agustin, V. (2018). Hubungan Citra Diri Dengan Perilaku Narsisisme Pada Remaja Putri Pengguna Instagram Di Kota Prabumulih. Jurnal Psibernetika, 11(2), 115–132.
Putri Adri Setyowati, yari D. (2014). Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X Sma Kartika Iii-1 Banyubiru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Satya Widya, 30 (1), 8.
Widiyanti, W., Solehuddin, M., & Saomah, A. (2017). Profil Perilaku Narsisme Remaja serta Implikasinya Bagi Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 15–26.