Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok teknik bermain peran terhadap self esteem mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain one group pre test post test. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive random sampling, yang mana sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester III Prodi BK UNIB, yang dipilih berdasarkan hasil angket self esteem yang kemudian diambil 6 orang mahasiswa sebagai sampel. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan self esteem mahasiswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik bermain peran. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -4.831, nilai sig sebesar 0.005 ( <0.05) maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok teknik bermain peran terhadap self esteem mahasiswa.
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Bermain peran, Self esteemRincian Artikel
Referensi
- Branden, Nathaniel. (2010). Kiat Jitu meningkatkan Harga Diri. Jakarta: Pustaka Delapratasa
- Dahar, Ratna W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
- Ghufron.(2010). Teori-Teori Perkembangan. Bandung: Refika Aditama
- Jarvis, Matt. (2014). Teori-Teori Psikologi: Pendekatan Moderen Untuk Memahami Prilaku Perasaan dan Pikiran Manusia. Bandung: Nusa Media dan Nuansa
- Mahyuddin, M. Junaedi. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial.Jurnal Psikologi dan Konseling. STKIP Muhammadiyah Enrekang, II (1), 1-11, E-ISSN: 2477-2518
- Kurnanto, M. Edi. (2014). Konseling Kelompok. Bandung: Al-Fabeta
- Murk. J. Cristhoper. (2006). Self-Esteem, Research, Theory and Practice. New York: Springer Publishing Company
- Santrock, John W. (2009). Perkembangan Anak, Edisi II. Jakarta: Erlangga
- Santrock, John W. (2007). Penterjemah Tri Wibowo. Psikologi Pendidikan, Edisi II. Jakarta: Erlangga
- Sukardi, Dewi Ketut. (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
- Tohirin.(2011). Bimbingan dan konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Referensi
Branden, Nathaniel. (2010). Kiat Jitu meningkatkan Harga Diri. Jakarta: Pustaka Delapratasa
Dahar, Ratna W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Ghufron.(2010). Teori-Teori Perkembangan. Bandung: Refika Aditama
Jarvis, Matt. (2014). Teori-Teori Psikologi: Pendekatan Moderen Untuk Memahami Prilaku Perasaan dan Pikiran Manusia. Bandung: Nusa Media dan Nuansa
Mahyuddin, M. Junaedi. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial.Jurnal Psikologi dan Konseling. STKIP Muhammadiyah Enrekang, II (1), 1-11, E-ISSN: 2477-2518
Kurnanto, M. Edi. (2014). Konseling Kelompok. Bandung: Al-Fabeta
Murk. J. Cristhoper. (2006). Self-Esteem, Research, Theory and Practice. New York: Springer Publishing Company
Santrock, John W. (2009). Perkembangan Anak, Edisi II. Jakarta: Erlangga
Santrock, John W. (2007). Penterjemah Tri Wibowo. Psikologi Pendidikan, Edisi II. Jakarta: Erlangga
Sukardi, Dewi Ketut. (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Tohirin.(2011). Bimbingan dan konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
