Main Article Content

Abstract

Skripsi ini atas nama Desi Yasmita, Nim 2615.150 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang berjudul “Kematangan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Kabupaten Sinjunjung”. Latar belakang penulis mengangkat judul skripsi ini adalah dikarenakan penulis melihat adanya siswa yang tidak bias menyesuaikan dirinya untuk bersosialisasi diantara teman kelompoknya. Yang selalu menggagu teman dalam proses belajar berlangsung, suka menyendiri dibandingkan bersama teman-temannya, ada yang tidur saat proses belajar berlangsung, diantara mereka ada yang menjadi bahan ejekan teman sebayanya dan diantra mereka ada yang kurang pandai dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya dan pada jam istirahat sering berada di dalam kelas sedangkan teman-teman yang lain pergi ke kantin dan sering keluar masuk ketika proses belajar berlangsung. Adanya permasalahan tersebut penulis tertarik untuk melekukan penelitian ini. Oleh karena itu, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana bentuk kematangan sosial siswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Analisis data yang digunakan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu dari observasi,wawancara, dan dokumentasi, deduksi data, display data. Dalam penelitian ini penilis melakukan wawancara kepada guru BK sebagai informan kunci dan siswa sebagai informan pendukung.

Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat mengembangkan bahwa kematangan social siswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung sudah mewujudkan sikap yang baik, walaupun hal itu belum sepenuhnya sempurna masih ada yang harus diperbaiki agar kematangan social siswa tersebut menjadi lebih baik lagi sehingga mengarah kepada kesempurnaan serta kemandirian sosial agar bias menjadi patokan dan gambaran untuk meningkatkan kematangan socials iswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung ke arah yang lebih baik lagi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara dan hasil instumentasi sosimetri. Jadi dapat disimpulkan bahwa kematangan social siswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung sudah mulai membaik dan mengarah kepada kesempurnaan sehingga menjadi patokan untuk meningkatkan kematangan social siswa.

Article Details

How to Cite
Yasmita, D. (2021). KEMATANGAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 KABUPATEN SIJUNJUNG. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 15–25. https://doi.org/10.33369/consilia.4.1.15-25

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian.
  2. Bandung: Ghaliah Indonesia
  3. Budi Ningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif.
  5. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  6. Chaplin, J.P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Pt.
  7. Raja Grafindo Persada
  8. Doll, 1965 Vineland Social Maturity Scale.Manual of Directors Minessota:American Duidance Service inc,
  9. Faisal, Sanafiah. 1999. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Ghalia Indonesia
  10. Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada
  11. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentan Kehidupan. Jakarta: Pt. Gelora Askara Pratama
  12. http://www.diniapelajar.com/pengertian-siswa-menurut- parah- ahl,2014 diakses pada tanggal 19 Mei 2019 pukul 12.00
  13. https://www.seputarpengetahuan.co.id/pengertian-siswa- menurut-para-ahli-lengkap.html diakses pada tanggal 09 April 2019 pukul 12:00
  14. Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kharisma Putra Utama
  15. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Volume 3, Nomor 4, April 2017
  16. Lexy J. Moleong, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif.
  17. Bandung: Remaja Rosdakarya
  18. Obseravasi di SMP N 14 Sijunjung pada tanggal 16 April 2019
  19. Pidarta, Made. 1997. Landasan Pendidikan. Jakarta: Pt Rineka Cipta
  20. Soeslowindradini, Dra. Psikologi Perkembangan.
  21. Surabaya: Usaha Nasional