Main Article Content

Abstract

Dimasa pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia berdampak dalam berbagai hal salah satunya pada bidang pendidikan. Keadaan yang serba sulit ini mengharuskan pembelajaran dirubah kedalam sistem pembelajaran jarak jauh / via daring. Dalam proses pembelajaran selama daring, banyak kendala yang dialami peserta didik diantaranya, kesulitan dalam mengakses pembelajaran dan masih terdapat siswa yang belum memiliki gadget sebagai media. Hal tersebut berdampak pada kualitas belajar siswa seperti, tidak mengumpulkan tugas yang diberikan, menunda – nunda tugas mandiri yang mengakibatkan minat belajar turun dan tentunya menurunkan motivasi belajar siswa. Pada penelitian study literature ini peniliti memilih pendekatan teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa karena strategi ini dapat merubah perilaku siswa. Siswa dapat mengolah dan mengatur perilakunya sendiri mengarah ke hal yang lebih baik dengan bantuan guru BK dan Orang tua di rumah. Oleh karena itu penelitian study literatur ini membahas mengenai pentingnya pendekatan teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid 19

Kata kunci : motivasi belajar, pendemi covid 19, self-management

Article Details

How to Cite
Suryanti, D. E., Parmawati, A., & Muhid, A. (2021). Pentingnya Pendekatan Teknik Self Management Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Disekolah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19 : Literature Review. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 181–192. https://doi.org/10.33369/consilia.4.2.181-192

References

  1. Amani, A. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Memotivasi Belajar Siswa Smp N 15 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(1), 20–34. https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.151-02
  2. Annisa. (2018). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. http://repository.radenintan.ac.id/view/subject/BK.html
  3. Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf
  4. Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
  5. Dembo, M. H., & Seli, H. (2004). Motivation and learning strategies for college success: A self-management approach, third edition. In Motivation and Learning Strategies for College Success: A Self-Management Approach, Third Edition. https://doi.org/10.4324/9780203823149
  6. Dianasari. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Konseling Kelompok Dengan Strategi Self Management. 37(1), 7–11.
  7. Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
  8. Fadhilah, S. S., Susilo, A. T., & Rachmawati, I. (2019). Konseling Daring bagi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 283–292. https://doi.org/10.30653/001.201933.111
  9. Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
  10. Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905
  11. Indryaningsih, P., Dharsana, K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII B4 SMP Negeri 4 Singaraja. 1.
  12. Isnaini, F., & Taufik. (2015). Strategi self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Penelitian Humaniora, 16, 33–42.
  13. Jundana, A. (2020). Penerapan Strategi Self-Management Dalam Konseling Kelompok Behavior Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII J Di SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. 143–150.
  14. Kurniawan N. (2008). Efektivitas Pelatihan Manajemen Diri untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa Baru.
  15. Megantari, N. P., Antari, N. N. M., & Dantes, N. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Self Management Untuk Meningkatakan Disiplin Belajar Siswa Kelas X Mia-4 Sma Negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konselng, 2(1), 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/viewFile/3742/2997
  16. Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., Negeri, U. I., & Semarang, W. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.
  17. Neitzel, J. & B. M. (2009). Module : Self-Management Overview of Self-Management Module : Self-Management. 1–4.
  18. Nugroho, G. B. (2020). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Online. Psiko Edukasi, 18(1), 73–83.
  19. Nuraini Rosa, A. K. dan A. (2020). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 6 Nomor 1 Tahun 2020 Tersedia Online : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-. 6, 26–31.
  20. Nurhayati, N., & Pw, S. N. (2019). Optimalisasi Peran Dan Fungsi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 13. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(2), 147. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n2.p147-154
  21. Putrawijaya A. (2019). Efektivas Layanan Konseling Behaviorak Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas X MAN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 4(3), 1–21.
  22. Putri, V. D. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 7–16.
  23. Qurrotu A’yunin. (2019). Konseling Islam Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Rendahnya Motivasi Belajar Siswi Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Jadid Program Keagamaan Paiton Probolinggo. UIN Sunan Ampel Surabaya, 8(5), 55.
  24. Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
  25. Selvi, K. (2010). Motivating factors in online courses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 819–824. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.110
  26. Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/7893
  27. Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Secara Online Pada Pelajaran Animasi 2D Melalui Strategi Komunikasi Persuasif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 9–15. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.143
  28. Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
  29. Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240.