Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan penguasaan konten dengan format kelompok menggunakan multimedia interkatif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa. Penelitian ini menggunakan model pre-eksperimental one-group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Prosedur pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil uji t-30,706, nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05), maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, bahwa layanan penguasaan konten dengan format kelompok menggunakan multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa.
Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten, Kemampuan Perencanaan Karier Siswa, Multimedia Interaktif
ABSTRACT
The purpose of this study was to describe the effectiveness of content mastery services in a group format using interactive multimedia to improve students' career planning skills. This study used a pre-experimental model one-group pre-test and post-test design. The population in this study were students of class VIII SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kepahiang Regency. The procedure for taking the research subjects used purposive sampling technique. The sample in this study amounted to 8 students. The data from this study were analyzed using the t test.. The results of hypothesis testing obtained t-test results of 30,706, the sig (2-tailed) value of 0,000 (<0.05), then Ho is rejected. It can be concluded that content mastery services in a group format using interactive multimedia can improve students' career planning skills.
Keywords: Content Mastery Services, Students’ Career Planning skills, Interactive Multimedia
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1), 11–18.
- Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
- Azwar, S. (1998). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Cahyani, R., Karyanto, P., & Sarwono. (2016). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Biosfer pada Siswa Kelas XI IPS. Jurnal GeoEco, 2(2), 198–207.
- Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). Pengembangan Model E-Career Untuk Meningkatkan Keputusan Karir Siswa Sma Negeri 3 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1( 2) 170–179.
- Mastur, & Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karier. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
- Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650
- Pambudi, P. R., Muslihati, M., & Lasan, B. B. (2020). Strategi untuk Membantu Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(1), 28–33. https://doi.org/10.21067/jki.v5i1.4041
- Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan multimedia interaktif powtoon pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas XI ips di sma negeri 1 singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 71–79. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/3129/1982
- Prasetyo, G., & Prasojo, D. L. (2016). Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Scientific Approachsubtema Indahnya Peninggalan Sejarah. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 54–66.
- Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil (Layanan dan Kegiatan Pendukung). Jakarta: Rajawali Pers.
- Sari, K., & Istiqoma, V. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Karier Media Mind Mapping. Jurnal Wahana Konseling, 2( 1) 20–29.
- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
- Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588
- Telaumbanua, K. (2017). Hubungan Minat Belajar Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Toma Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Education and Development, 6(5), 1–7.
- Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
- Yulia , D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa IIS Kelas X di SMA Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24.
- Yusriya, A., Santosa, K., & Priyono, B. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Klasifikasi Hewan Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi SMP. Unnes Journal of Biology Education, 3(1) 26–34.
References
Daftar Pustaka
Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1), 11–18.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Azwar, S. (1998). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cahyani, R., Karyanto, P., & Sarwono. (2016). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Biosfer pada Siswa Kelas XI IPS. Jurnal GeoEco, 2(2), 198–207.
Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). Pengembangan Model E-Career Untuk Meningkatkan Keputusan Karir Siswa Sma Negeri 3 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1( 2) 170–179.
Mastur, & Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karier. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650
Pambudi, P. R., Muslihati, M., & Lasan, B. B. (2020). Strategi untuk Membantu Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(1), 28–33. https://doi.org/10.21067/jki.v5i1.4041
Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan multimedia interaktif powtoon pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas XI ips di sma negeri 1 singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 71–79. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/3129/1982
Prasetyo, G., & Prasojo, D. L. (2016). Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Scientific Approachsubtema Indahnya Peninggalan Sejarah. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 54–66.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil (Layanan dan Kegiatan Pendukung). Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, K., & Istiqoma, V. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Karier Media Mind Mapping. Jurnal Wahana Konseling, 2( 1) 20–29.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588
Telaumbanua, K. (2017). Hubungan Minat Belajar Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Toma Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Education and Development, 6(5), 1–7.
Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Yulia , D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa IIS Kelas X di SMA Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24.
Yusriya, A., Santosa, K., & Priyono, B. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Klasifikasi Hewan Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi SMP. Unnes Journal of Biology Education, 3(1) 26–34.