Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan media information and communication technologies (ICT) untuk meningkatkan pemanfaatan internet siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-grup, pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 141 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA B SMA Negri 6 Kota Bengkulu berjumlah 35 orang siswa. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pemanfaatan internet. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hal ini ditunjukan dari hasil uji perbedaan pretest dan posttest dengan nilai t -19.572 dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemanfaatan internet siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan media information and communication technologies (ICT) pada siswa.

Kata kunci: Layanan informasi, media ICT, pemanfaatan internet

THE INFLUENCE OF INFORMATION SERVICES WITHINFORMATION AND COMMINICATION TECHNOLOGIES (ICT) MEDIA TO IMPROVE INTERNET UTILIZATION OF CLASS XI MIPA B STUDENTS SMA NEGERI 6 BENGKULU CITY

ABSTRACT

This study aimed to describe the influence of information service using information and communication technologies (ICT) media to incrase internet utilization for students. The method used an experimental one-grup design, pre-test-post-test design. The population in this study were all students of class XI MIPA, amounting to 141 students.  The sampel in this study were 35 students of class XI MIPA B SMA Negeri 6 Bengkulu City. The sampling procedure used pourposive sampling. The data collection technique used an internet use questionnaire with a reliability result of 0.989. The data analysis technique used the t test. This was shown by the results of the defference between the pretest and posttest with the value t -19,572 and significance 0,000 (p<0,05). It means that there was a significant influence on services with information and communication technologies (ICT) media to students.

Keywords: information services, ICT media, Internet Utilization

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan media information and communication technologies (ICT) untuk meningkatkan pemanfaatan internet siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-grup, pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 141 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA B SMA Negri 6 Kota Bengkulu berjumlah 35 orang siswa. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pemanfaatan internet. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hal ini ditunjukan dari hasil uji perbedaan pretest dan posttest dengan nilai t -19.572 dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemanfaatan internet siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan media information and communication technologies (ICT) pada siswa.

Kata kunci: Layanan informasi, media ICT, pemanfaatan internet

THE INFLUENCE OF INFORMATION SERVICES WITHINFORMATION AND COMMINICATION TECHNOLOGIES (ICT) MEDIA TO IMPROVE INTERNET UTILIZATION OF CLASS XI MIPA B STUDENTS SMA NEGERI 6 BENGKULU CITY

ABSTRACT

This study aimed to describe the influence of information service using information and communication technologies (ICT) media to incrase internet utilization for students. The method used an experimental one-grup design, pre-test-post-test design. The population in this study were all students of class XI MIPA, amounting to 141 students.  The sampel in this study were 35 students of class XI MIPA B SMA Negeri 6 Bengkulu City. The sampling procedure used pourposive sampling. The data collection technique used an internet use questionnaire with a reliability result of 0.989. The data analysis technique used the t test. This was shown by the results of the defference between the pretest and posttest with the value t -19,572 and significance 0,000 (p<0,05). It means that there was a significant influence on services with information and communication technologies (ICT) media to students.

Keywords: information services, ICT media, Internet Utilization

Article Details

How to Cite
Riansyah, J., & Hadiwinarto, H. (2021). PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA INFORMATION AND COMMINICATION TECHNOLOGIES (ICT) UNTUK MENINGKATKAN PEMANFAATAN INTERNET SISWA KELAS XI MIPA B SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 193–205. https://doi.org/10.33369/consilia.4.2.193-205

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Barus, F. B. (2016). Pemanfaatan Internet Oleh Siswa SMA Negeri Kelas XI Jurusan IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Program Studi Pendidikan, 3(1), 11–23.
  3. Buente, W & Robbin, A. (2008). Trends in Internet Information Behavior. Dalam Journal of The Society for Information Science. 2(1), 71–81.
  4. Hasanah, M., & Denok, S. (2014). Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Masa Depan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lamongan. Jurnal BK UNESA. Universitas Negeri Surabaya. 4(3), 54–66.
  5. Isa, Mua’dz. (2007). Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi, 2(2), 70–83.
  6. Komariah & Nur. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal SAP Universitas Indraprasta PGRI.2(1), 21–31.
  7. Palewa, M.D.A. (2014). Peranan Media Pembelajaran ICT Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Maarif NU Pandaan. Jurnal Pendidikan, 2(2), 19–30.
  8. Pranoto, H., Agus. W., & Nurul, A. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Mahasiswa Prodi BK Menggunakan Media ICT (Information and Communications Technology) Basis Sosial Media Jurnal Mikrotik. Universits Muhamadiyah Metro Lampung. 4(2), 17–29.
  9. Pratiwi. (2012). “Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih”.Jurnal Education. 2(1), 15–25.
  10. Prayitno. (2004). “Seri Kegiatan Pendukung Konseling L1-L9”. Universitas Negeri Padang.
  11. Rozi & Zaenal, A. (2008). “Mari mengenal Internet”. Yogyakarta: Andi
  12. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta