Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat hubungan teman sebaya dan kontrol diri dengan penyesuaian diri. Desain penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 250 orang, sampel penelitian yang diambil 153 orang, dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan teman sebaya terhadap penyesuaian diri dengan nilai (rx1y) sebesar 0,889, adanya hubungan yang signifikan antara kontrol diri terhadap penyesuaian diri dengan nilai (rx2y) sebesar 0,850, dan adanya hubungan yang signifikan antara hubungan teman sebaya dan kontrol diri terhadap penyesuaian diri dengan nilai (Rx1x2y) sebesar 0,903. Jadi ada hubungan yang signifikan antara hubungan teman sebaya dan kontrol diri dengan penyesuaian diri siswa.

Kata Kunci: Kontrol Diri, Penyesuaian Diri, Teman Sebaya.

THE ROLE OF PEER RELATIONS AND SELF-CONTROL WITH THE SELF ADJUSTMENT OF THE EIGHT GRADE  STUDENTS IN SMP NEGERI 11 BENGKULU CITY

ABSTRACT

This study aims to determine the relationship between the level of peer relations and self-control with the self adjustment. This research design is a quantitative descriptive method with correlation techniquess. The population in this study were all eight grade students of SMP Negeri 11 Bengkulu City totaling 250 people, the research sample was taken only 153 people, and the sampling technique used was simple random sampling. The data collection technique used was a questionnaire. The data analysis technique was performed using the product moment correlation formula and multiple correlation. The result of this research is that there is a significant relationship between peer relations and the self-adjustment with value (rx1y) of 0,889, there is a significant relationship between self-control and self-adjustment with value (rx2y) of 0,850, and there is a significant relationship between peer relations and self-control towards self-adjustment to value (Rx1x2y) of 0,903. So there is a significant relationship between peer relations and self-control with students’ self adjustment.

Keywords: Self Control, Self Adjustment, Peers.

Article Details

How to Cite
Yunita, W., & Sholihah, A. (2021). PERAN HUBUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 94–107. https://doi.org/10.33369/consilia.4.1.94-107

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Azhari, Mayangsari, & E. (2015). Siswa Tahun Pertama di SMP Relationship Between Assertive Behavior and Self-Adjustment in First Year Students at Junior High School. Jurnal Ecopsy, 02(1), 20–25.
  3. Ibrahim, M. (2018). Hubungan Antara Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Skripsi: Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
  4. Murtana, A. (2014). Hubungan Antara Harga Diri dan Interaksi Teman Sebaya dengan Stres Belajar. (Doctoral dissertation: Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  5. Rahmadani, N. (2018). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Kontrol Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  6. Rahmayati, T. E., & Lubis, Z. (2013). Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri. Jurnal Psikologi, 05(2), 43–49.
  7. Ramdani, A. (2016). Hubungan antara kontrol diri dan kepatuhan terhadap aturan sekolah dengan perilaku merokok siswa SMK Negeri 3 Tanah Grogot. Psikoborneo, 04(3), 574–582.
  8. Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
  9. Sari, P., W. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Pengungkapan Diri Pada Remaja Pengguna Facebook. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  10. Ulfah, M. (2016). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Penyesuaian Diri Santri. TAZKIYA Jurnal of Psychology, 04(2), 17–32.
  11. Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitin Sosial dan Pendidikan: Teori Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.