Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Mewabahnya penyebaran penyakit Pandemi Covid-19 atau bisa dikenal Corona. Ini menyebabkan bencana bagi masyarakat hingga mengakibatkan kematian ribuan jiwa di seluruh dunia, tidak terkecuali di negara Indonesia. Munculnya wabah penyakit ini mendorong pentingnya untuk memberikan Edukasi terhadap masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, masyarakat perlu mengetahui dengan pasti penularan Virus Covid-19 dan Cara Pencegahan Covid-19 agar tidak terus mewabah di Masyarakat. Masyarakat sangat di sarankan untuk tetap di rumah saja, dan wajib menggunakan masker jika keluar rumah dan usahakan agar tidak berkontak fisik kepada orang lain. Selalu mencuci tangan dan menerapkan PHBS. PHBS merupakan strategi yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Masyarakat terus dihimbau untuk selalu meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Karena perilaku masyarakat sangat berperan penting dalam penurunan angka penyebaran Pandemi Covid-19 yang sangat efektif dan mudah dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Rekomendasi pemerintah terus menghimbau gerakan PHBS menjadi kunci pencegahan penyebaran wabah yang sudah menyebar luas di seluruh dunia. Melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat diharapkan untuk menghambat penyebaran Covid-19 sehingga kejadian tidak bertambah. Oleh karena itu sangatlah penting melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat, perlu diterapkan secara terus menerus sehingga dapat meningkatkan pengetahuan seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan PHBS dalam Kehidupan Sehari-hari.

Article Details

How to Cite
Yanti, N. (2021). BIMBINGAN PENYULUHAN TERHADAP BAHAYA VIRUS COVID-19 DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS). Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 264–273. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.264-273

References

  1. Alif, Bhakti, K. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan Covid-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3, 69.
  2. Miftah, A. (2019). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan pencegahan Penyakit Demam Beradarah Dengue. Aisyiyah Medika, 1, 141–144.
  3. Prayitno, E. A. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling. PT. Rineka Cipta.
  4. Rahmadeni. (2019). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Pembagian Sembako pada Anak di Panti Asuhan Mahbbatul Haq Tanjung Uma Batam. Abdimas Saintika, 1, 141–144.
  5. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
  6. Sulaeman & Supriadi. (2020). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik dalam Menghadapi Pademi Corona Virus Diseases-19 (Covid-19). Pengabdian & Pembardayaan Kepada Masyarakat, 1, 12–17.
  7. Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. PT Raja Grafindo.
  8. Winkel & Sri Hastuti. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Media Abadi.
  9. Zainal, A. (2009). Bimbingan Penyuluhan Islam. PT Raja Grafindo.