Main Article Content

Abstract

Full day school merupakan pilihan untuk mengatasi berbagai persoalan pendidikan, baik secara akademis maupun dari segi moralitas dan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara pembelajaran full day school dan karakter peduli sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional untuk melakukan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 85 siswa dari SMP IT Hidayatullah Kota Bengkulu pada kelas VII, VIII, dan IX. Sampel penelitian terdiri dari 46 siswa yang diambil dari seluruh kelas VII, VIII, dan IX dengan bantuan statified random sampling. Instrumen pembelajaran full day school memiliki reliabilitas 0,788, sedangkan instrumen karakter peduli sosial memiliki reliabilitas 0,759. Dengan rxy 0,448 dan tingkat signifikan 0,002 (p0,05), temuan mengungkapkan hubungan yang kuat antara pembelajaran pembelajaran full day school dan karakter peduli sosial. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pembelajaran full day school dengan karakter peduli sosial.Kata Kunci: Pembelajaran full day school, karakter peduli sosial CORRELATION BETWEEN FULL DAY SCHOOL LEARNING WITH SOCIAL CARE CHARACTERS OF STUDENTS OF IT HIDAYATULLAH SMP BENGKULU CITY ANDIMPLICATIONS OFGUIDANCE AND COUNSELINGABSTRAKIt is a full-day school an option to solve a variety of educational issues, both academically and when it comes to morality and character. The purpose of this study was to see whether there had been a relationship between full day schooling and after-school activities social care character of students. This study uses a correlational approach to conduct descriptive quantitative research this study's participants were 85 students from SMP IT Hidayatullah Bengkulu City in grades VII, VIII, and IX. The research sample consisted of 46 students taken from all grades VII, VIII, and IX using statified random sampling technique. The full day school learning the instrument offers a high level of dependability 0.788, while the social care character the instrument offers a high level of dependability. 0.759. With an rxy of 0.448 and a significant level of 0.002 (p0.05), the findings reveal a considerable positive association between the two variables full day school learning and social care characters. This shows that there is a relationship between full day school learning and social care characters.Keywords: full day school learning, social care character

Article Details

How to Cite
Ambarsari, D., Hadiwinarto, H., & Herawati, A. A. (2022). KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL DENGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA SMP IT HIDAYATULLAH KOTA BENGKULU DAN IMPLIKASI BIMBINGAN DAN KONSELING. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 18–26. https://doi.org/10.33369/consilia.5.1.18-26

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Amri, dkk. 2011. Implementasi karakter dalam pembelajaran. Jakarta: PT Pustaka
  3. Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  4. Clark, P.,&Kirk,E.(2000). Efektifitas Sistem Full Day School. Jurnal Manageen Pendidikan. Vol 13, No 1: hal 24-33
  5. Darmadi, Hamid. (2014). Metode penelitian pendidikan sosial. Bandung: Alfabet
  6. Leasa, Marleny & Batlolona, John Rafafy. “Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMK N 13 Kota Malang”. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol. 6 (1): hal: 73-82
  7. Lickona, T. (2013). Educating for Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter (Terjemahan). Jakarta: Bumi Aksara
  8. Lynch, M.(2014). Full Day School Dalam Diskusi Media Sosial. Jurnal Pendidikan edukasi sains. Vol 49 (2): hal 329-347
  9. Notoatmodjo, Soekidjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
  10. Rizky & Umbu, Tagelar (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas XI Bahasa SMA Kristen Satya Wacana Salatiga Tahun 2018/2019. Jurnal Psikologi Konseling Vol. 15 No. 2, Desember 2019
  11. Yusuf. 2017. Full Day School: Proses implementasi model keunggulan sekolah untuk pendidikan yang baik. Jurnal Global Citizen. Vol 1, Nomor 1, April 2017
  12. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana