Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan aplikasi Tiktok dikalangan para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik kontrol diri untuk mengendalikan kecanduan internet terhadap pengguna Tiktok siswa kelas VIII A di SMP Negeri 32 Bengkulu Utara. Metode penelitian menggunakan ekperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A di SMP Negeri 32  Bengkulu Utara berjumlah 28 orang. Sampel penelitian berjumlah 6 orang siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data mengunakan kuisoner (angket) dengan skala model Likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji t (paired sample test). Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kecanduan penggunaan Tiktok pada siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik kontrol diri sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment adalah 125,50 dalam kategori tinggi dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 97,00 dalam kategori rendah. Hasil Uji t menunjukkan nilai t=11.461 (p<0,05) jadi terdapat pengaruh signifikan terhadap penurunan kecanduan penggunaan Tiktok siswa menggunakan teknik kontrol diri.

Kata kunci : Kecanduan Internet Terhadap Tiktok, Konseling Kelompok, Teknik Kontrol Diri.     EFFECT OF GROUP COUNSELING SERVICES WITH SELF-CONTROL TECHNIQUES TO CONTROL INTERNET ADDICTION                          ON TIKTOK USERS IN CLASS VIII A AT

SMPN 32 BENGKULU UTARA

 

ABSTRACT

The research was motivated by the widespread use of the Tiktok application among students. This study aims to describe the effect of group counseling services with self-control techniques to control internet addiction on Tiktok users of class VIII A students at SMP Negeri 32 Bengkulu Utara. The research method uses an experiment with a one-group pretest-posttest design. The population of this study were all students of class VIII A at SMP Negeri 32 Bengkulu Utara totaling 28 people. The research sample amounted to 6 students taken by purposive sampling technique. The data collection technique used a questionnaire (questionnaire) with a Likert model scale. The data analysis technique in this study used the t test (paired sample test). The results showed that there was a decrease in students' addiction to Tiktok after being given group counseling with self-control techniques as treatment. This is indicated by the average score before being given treatment is 125.50 in the high category and after being given treatment the average score is 97.00 in the low category. The results of the t-test showed the value of t=11,461 (p<0.05) so there was a significant effect on decreasing students' addiction to Tiktok using self-control techniques.

 

Keywords: Internet Addiction to Tiktok, Group Counseling, Self-Control Techniques.

Article Details

Author Biography

Ratika Asih Putri Wirati, Universitas Bengkulu

Mahasiswa Universitas Bengkulu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Bimbingan dan Konseling
How to Cite
Wirati, R. A. P., Dharmayana, I. W., & Herawati, A. A. (2022). Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Kontrol Diri untuk Mengendalikan Kecanduan Internet. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 188–196. https://doi.org/10.33369/consilia.5.2.188-196

References

  1. Rahmayu, M. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Dengan Layanan Intranet Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Evolusi, 4(4), 33–40.
  2. Nurmalasari, Y. (2016). Konseling Singkat Berfokus Solusi Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengendalikan Compulsive Internet Use Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 1–16.
  3. Astati, Hamid, R., & Marhan, C. (2020). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Remaja. SUMBLIMAPSI, 1(3), 80–89.
  4. Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram. Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.
  5. Prayitno. (2004). L1-L9. Universitas Negeri Padang.
  6. Khotimah, K., & Minarni, E. (2016). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Behavioral Teknik Kontrol Diri untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas X TKR SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi. Jurnal Uniba, 69–78. https://doi.org/10.31227/osf.io/70
  7. Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Rajawali Pers: Jakarta
  8. Ghufron, & Risnawita. (2012). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.