Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik scaling terhadap pengambilan keputusan karier siswa XI Perhotelan 3 di SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. Metode pada penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Perhotelan 3 di SMK Negeri 7 Kota Bengkulu berjumlah 22 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 6 orang siswa dari kelas XI Perhotelan 3 di SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data mengunakan kusioner dengan skala model Likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pengambilan keputusan karier siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik scaling sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment adalah 115 dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 148 dalam kategori tinggi. Hasil Uji T menunjukkan nilai t= -10,688 dan sig (2-tailed) 0.000 Artinya 0,000.

Kata kunci: Pengambilan Keputusan Karier, Konseling Kelompok, Teknik Scaling

Article Details

How to Cite
PRANATA, W., SYAHRIMAN, S., & SINTHIA, R. (2022). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SCALING TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA KELAS XI PERHOTELAN 3 DI SMK NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 177–187. https://doi.org/10.33369/consilia.5.2.177-187

References

  1. Kurniawan, kharisma gigih, AT, andi mappiare, & Atmoko, A. (2019). Reduksi Keputusan Prokrastinasi Akademik Siswa melalui Teknik Pertanyaan Berskala dalam Konseling Ringkas Berfokus Solusi. Psychocentrum Review, 62(58).
  2. Smith, M. Bin. (2011). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan ISSN 1410-220X, Vol 8(No 1), 22–32.
  3. Vatmawati, S. (2019). Hubungan Konformitas Siswa Dengan Pengambilan Keputusan Karier. VOLUME 6 NOMOR 1 APRIL, 6.
  4. Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
  5. Hayuanti, R. (2019). Analisis faktor penghambat pengambilan keputusan karier siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia Vol 4 No 2, 4(2), 63–71.
  6. Hartono. (2018). bimbingan karier (Kencana (ed.)). Jakarta: Prenada media.
  7. Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar metodologi penelitian (Ayub (ed.); 1st ed.). Yogyakarta: Literasi media publishing.
  8. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (21st ed.). Bandung: ALFABETA, cv.
  9. Khasanah, E., Purwanto, E., & Tadjri, I. (2017). Jurnal Bimbingan Konseling Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Life Skills dalam Pengambilan Keputusan Karier Abstrak. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 141–146.
  10. Khairun, D. Y., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (2016). LAYANAN BIMBINGAN KARIER DALAM PENINGKATAN KEMATANGAN EKSPLORASI KARIER SISWA Deasy. Jurnal Penelitian Bimbingan Konseling, 1(1), 1–23.
  11. Arjanggi, R. (2017). Identifikasi Permasalahan Pengambilan Keputusan Karier Remaja. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(2), 28–35.
  12. Mamahit, H. C. (2014). Hubungan Antara Determinasi Diri Dan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Sma. Journal Psiko-Edukasi, Vol. 12(2), 1–11.
  13. Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Rajawali Pers: Jakarta.