Isi Artikel Utama
Abstrak
Guru bimbingan dan konseling dalam menghadapi perkembangan zaman haruslah mempersiapkan diri sehingga mampu untuk mendidik siswa/peserta didik generasi Z. Guru bimbingan dan konseling hendaknya memiliki keterampilan dalam bidang digital, memiliki pikiran kreatif, inovatif, dan dinamis. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling yaitu dengan memanfaatkan media TikTok sebagai strategi dalam layanan bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan media layanan berupa TikTok dengan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Peneliti menggunakan metode studi pustaka. Metode ini merupakan pengumpulan data yang diperoleh melalui data sekunder berupa artikel, skripsi, dan jurnal-jurnal penelitian. Peneliti juga melakukan analisis langsung melalui aplikasi TikTok. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 15 fitur yang dapat digunakan dalam memanfaatkan media layanan berupa TikTok. Oleh karena itu, guru bimbingan dan konseling perlu untuk mengerti dan memahami penggunaan TikTok beserta fitur-fiturnya agar dapat mengoperasikan dan membuat konten video layanan yang akan digunakan sebagai salah satu strategi dalam bimbingan konseling.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.