Main Article Content
Abstract
Guru bimbingan konseling dalam menghadapi perkembangan zaman haruslah mempersiapkan diri sehingga mampu untuk mendidik siswa/peserta didik generasi Z sehingga mampu melaksanakan proses layanan bimbingan konseling secara maksimal. Salah satunya dengan memanfaatkan platform berupa TikTok sebagai media dalam layanan bimbingan konseling. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi manfaat dari penggunaan media TikTok dalam layanan bimbingan konseling. Peneliti menggunakan metode studi literatur jenis descriptive review yang mana prosesnya dilakukan dengan cara mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi. Beberapa sumber studi literatur yang digunakan berasal dari artikel, skripsi/thesis, dan jurnal-jurnal penelitian. Dalam mencari literatur tersebut, peneliti menggunakan database google scholar dengan kriteria berupa artikel berbahasa indonesia dengan menggunakan kata kunci manfaatTikTok sebagai media layanan bimbingan konseling. Hasil penelitian menunjukkan manfaat TikTok sebagai media dalam layanan bimbingan konseling dapat membantu siswa untuk menafsirkan suatu materi layanan dengan pemahaman yang sama, membuat layanan menjadi lebih jelas dan menarik, proses layanan menjadi lebih interaktif, mengefisienkan waktu dan tenaga guru bimbingan konseling, hasil belajar siswa lebih berkualitas, media yang digunakan dapat diakses kapan saja dan di mana saja, menumbuhkan sikap positif pada siswa, guru menjadi lebih produktif, materi dapat dijelaskan secara konkret, dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, dan mengatasi keterbatasan indera manusia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media TikTok sebagai layanan dalam bimbingan konseling sangat memungkinkan untuk digunakan karena memiliki banyak manfaat sehingga dapat menciptakan layanan yang menarik dan menyenangkan serta proses layanan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.