Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konseling kelompok dengan
teknik deep breathing terhadap kecemasan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Lebong yang berjumlah 32
siswa. Sampel ditentukan menjadi enam siswa dengan tingkat kecemasan komunikasi
interpersonal sangat berat, dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan angket dengan skala pengukuran DASS (Depression Anxiety Stress Scale).
Data dianalisis dengan menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian
menunjukkan adanya penurunan tingkat kecemasan komunikasi interpersonal siswa setelah
diberikan treatment konseling kelompok dengan teknik deep breathing. Hasil pengujian
hipotesis menunjukkan nilai t = 6.697 (p < 0,05). Artinya terdapat pengaruh treatment
yang signifikan terhadap kecemasan komunikasi interpersonal siswa dengan teknik deep
breathing pada siswa SMP Negeri 1 Lebong.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.