Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian layanan informasi menggunakan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman cyberbullying siswa kelas X di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling siswa kelas X PPLG 1 berjumlah 26 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan instumen tes dengan dua pilihan benar-salah. Data dianalisis menggunakan rumus t test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman cyberbullying sebelum diberikan perlakuan ada dalam kategori sedang dan setelah diberikan perlakuan ada dalam kategori tinggi dengan t = -12,856 (p < 0,05). Jadi, layanan informasi menggunakan media video animasi efektif untuk meningkatkan pemahaman cyberbullying siswa kelas X PPLG 1 SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menyarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan layanan informasi menggunakan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman cyberbullying siswa.
Kata kunci: Layanan Informasi, Media Video Animasi, Pemahaman Cyberbullying
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.