Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian layanan informasi menggunakan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman cyberbullying siswa kelas X di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling siswa kelas X PPLG 1 berjumlah 26 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan instumen tes dengan dua pilihan benar-salah. Data dianalisis menggunakan rumus t test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman cyberbullying sebelum diberikan perlakuan ada dalam kategori sedang dan setelah diberikan perlakuan ada dalam kategori tinggi dengan t = -12,856 (p < 0,05). Jadi, layanan informasi menggunakan media video animasi efektif untuk meningkatkan pemahaman cyberbullying siswa kelas X PPLG 1 SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menyarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan layanan informasi menggunakan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman cyberbullying siswa.


 


Kata kunci: Layanan Informasi, Media Video Animasi, Pemahaman Cyberbullying

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rahma Pratiwi, I Wayan Dharmayana, & Sri Saparahayuningsih. (2023). Me Pemberian Layanan Informasi Menggunakan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Cyberbullying Siswa Kelas X Di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu: Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 6(3), 1–11. https://doi.org/10.33369/consilia.6.3.1-11