Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik afirmasi diri terhadap self love siswa kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X DKV  2 berjumlah 32 orang siswa sedangkan sampel berjumlah 8 orang siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket self love. Data dianalisis menggunakan rumus uji-t. Penelitian ini menunjukkan skor rata-rata self love siswa sebelum diberikan treatment termasuk ke dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata menjadi kategori tinggi dengan t = -24.333 (p < 0.05). Terdapat pengaruh Layanan bimbingan kelompok dengan teknik afirmasi diri terhadap self love siswa kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik afirmasi terhadap self love siswa.

Article Details

How to Cite
Aulia, A. I. S., I Wayan Dharmayana, & Sri Saparahayuningsih. (2024). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK AFIRMASI DIRI TERHADAP SELF-LOVE SISWA: Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Saran, Ucapan Terima Kasih, Daftar Pustaka. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 9–14. https://doi.org/10.33369/consilia.7.1.9-14