Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik afirmasi diri terhadap self love siswa kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X DKV 2 berjumlah 32 orang siswa sedangkan sampel berjumlah 8 orang siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket self love. Data dianalisis menggunakan rumus uji-t. Penelitian ini menunjukkan skor rata-rata self love siswa sebelum diberikan treatment termasuk ke dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata menjadi kategori tinggi dengan t = -24.333 (p < 0.05). Terdapat pengaruh Layanan bimbingan kelompok dengan teknik afirmasi diri terhadap self love siswa kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik afirmasi terhadap self love siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.