Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan perencanaan karier siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Populasi siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu berjumlah 155 siswa. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 111 dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket efikasi diri dan perencanaan karier siswa dengan indeks Alpha Cronbach. Tingkat efikasi diri siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu berada pada kategori sedang. Tingkat perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu berada pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Dengan nilai r = 0,403 (p < 0,05) yang memiliki hubungan dalam tingkat sedang. Pada nilai r = 0,403 hanya terdapat 0,16 atau (16%) sumbangan efikasi diri terhadap perencanaan karier, sedangkan 84% ditentukan oleh faktor lain pada perencanaan karier siswa.
Kata Kunci : Efikasi Diri, Perencanaan Karier Siswa
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.