Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing dalam mereduksi stres akademik siswa introvert. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu berjumlah 57 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 9 orang siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan inventori dan kuesioner skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan nilai t= 6,236 (p<0,05) ini berarti adanya pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing dalam mereduksi stres akademik siswa introvert.
Kata kunci: stres akademik, konseling kelompok, teknik expressive writing
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.