Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing dalam mereduksi stres akademik siswa introvert. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu berjumlah 57 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 9 orang siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan inventori dan kuesioner skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan nilai t= 6,236 (p<0,05) ini berarti adanya pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing dalam mereduksi stres akademik siswa introvert.


Kata kunci: stres akademik, konseling kelompok, teknik expressive writing

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yuwanka, M., I Wayan Dharmayana, & Mayang T. Afriwilda. (2024). The THE EFFECT OF GROUP COUNSELING SERVICES USINGEXPRESSIVE WRITING TECHNIQUES REDUCING ACADEMIC STRESS ON INTROVERT STUDENTS: PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM MEREDUKSI STRES AKADEMIK PADA SISWA INTROVERT . Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 34–42. https://doi.org/10.33369/consilia.7.2.34-42