Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi interaksi sosial dengan metode problem solving untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 148 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random intact group sampling dengan jumlah sampel 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket penyesuaian diri dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t-test (paired sample test) yang menunjukkan peningkatan penyesuaian diri siswa setelah diberikan treatment berupa layanan informasi interaksi sosial dengan metode problem solving dengan nilai t = -14.333 dengan taraf signifikan (2-tailed) sebesar 0.000. Artinya, terdapat pengaruh layanan informasi interaksi sosial dengan metode problem solving untuk meningkatkan penyesuaian diri.
Kata Kunci: penyesuaian diri, layanan informasi, metode problem solving
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.