Isi Artikel Utama
Abstrak
Kenakalan remaja merupakan ketidaksesuaian perilaku atau sebuah perilaku yang jauh dari hubungan sosial dan melanggar norma-norma, agama, serta aturan atau kewenangan hukum yang berlaku di masyarakat. Dalam penyelesaian masalah kenakalan remaja tersebut dibutuhkan sebuah solusi atau teknik konseling yang diberikan oleh guru Bk kepada peserta didik. Pada masalah kenakalan remaja ini penyelesaian kasusnya menggunakan pendekatan behavioral. Pendekatan behavioral merupakan pendekatan terapi tingkah laku yang berkembang pesat dan sangat terkenal, dikarenakan memenuhi prinsip-prinsip kesederhanaan, mudah dipahami dan diterapkan, serta adanya penekanan perhatian pada perilaku positif. Penelitian dalam artikel ini disusun menggunakan metode studi literasi yang mengumpulkan data melalui penelitian sebelumnya. Subjek yang dapat terlibat dalam penelitian ini adalah antara remaja atau siswa dengan guru Bk yang berkaitan dengan menggunakan pendekatan behavioral sebagai solusinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan pedekatan behavioral dalam menangani masalah kenakalan remaja. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya masih banyak kenakalan remaja yang terjadi, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat yang sebagian besarnya disebabkan karena kurangnya perhatian dan kasih saying orangtua dirumah. Dengan diterapkannya pendekatan behavioral diharapkan dapat mengurangi kenakalan remaja yang terjadi.
Kata kunci: Kenakalan remaja, Pendekatan Behavioral, Tingkah laku.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.