Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi format klasikal dengan teknik diskusi terhadap minat siswa melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan pada siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. penelitian ini menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil dengan memggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji T (paired sample test) dengan rumus Bungin. Hasil penelitian sebelum diberi layanan dengan rata-rata 90,27 yang berkategori rendah. Setelah diberi layanan nilai rata-rata siswa dengan skor 133,77 yang berkategori tinggi. Uji hipotesis pada penelitian ditunjukan dengan nilai t= -22,494 yang berarti terdapat pengaruh layanan informasi format klasikal dengan teknik diskusi terhadap minat siswa melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan. Dari hasil penelitian disarankan kepada guru BK dapat menggunakan model layanan informasi format klasikal untuk meningkatkan minat siswa melanjutkan sekolah ke SMK. 


Kata Kunci : Minat Melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan, Layanan Informasi, Format Klasikal, Teknik Diskusi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maya Dwi Kurnia, Sri Saparahayuningsih, & Arsyadani Mishbahuddin. (2014). PENGARUH LAYANAN INFORMASI FORMAT KLASIKAL DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN KE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 10–17. https://doi.org/10.33369/consilia.7.2.10-17