Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa  kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen one-group pretest-postest. Subjek penelitian berjumlah 7 orang siswa yang memiliki kedisiplinan belajar yag rendah. Teknik pengambilan data menggunakan angket kedisiplinan belajar. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan skor rata-rata kedisiplinan belajar sebelum diberikan perlakuan yang berkategori rendah dan setelah diberikan perlakuan menjadi kategori sangat tinggi. Hasil uji-t menunjukan nilai t= -11,006dan sig (2-tailed) 0.000 (0.000<0.05) artinya terdapat pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa  kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa.


Kata Kunci : Konseling kelompok, Kedisiplinan Belajar, Behavior Contract

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Barbarenta Breskila, Yessy Elita, & Arsyadani Mishbahuddin. (2024). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 7(3), 1–8. https://doi.org/10.33369/consilia.7.3.1-8