Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen one-group pretest-postest. Subjek penelitian berjumlah 7 orang siswa yang memiliki kedisiplinan belajar yag rendah. Teknik pengambilan data menggunakan angket kedisiplinan belajar. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan skor rata-rata kedisiplinan belajar sebelum diberikan perlakuan yang berkategori rendah dan setelah diberikan perlakuan menjadi kategori sangat tinggi. Hasil uji-t menunjukan nilai t= -11,006dan sig (2-tailed) 0.000 (0.000<0.05) artinya terdapat pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa.
Kata Kunci : Konseling kelompok, Kedisiplinan Belajar, Behavior Contract
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.