Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan solution focused brief counseling (SFBC) dalam meningkatkan perilaku altruistik siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi eksperiment jenis pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.2 dan XI.3 berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket perilaku altruistik model skala likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t (paired sample test). Hasil pre-test dan post-test kelompok eksperimen mengalami peningkatan tingkat perilaku altruistik sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan solution focused brief counseling (SFBC). Hal ini dapat terlihat dari hasil hipotesis yang dihasilkan pada kelompok eksperimen lebih besar dengan hasil nilai uji-t -32,255 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sedangkan kelompok kontrol dengan nilai uji-t -3,437 dan nilai signifikan 0,026 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan solution focused brief counseling (SFBC) efektif dalam meningkatkan perilaku altruistik siswa. Penelitian ini menyarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan layanan konseling kelompok dengan pendekatan solution focused brief counseling (SFBC) dalam meningkatkan perilaku altruistik siswa.
Kata kunci: konseling kelompok, perilaku altruistik, solution focused brief counseling.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.