Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pola asuh orang-tua dengan kepribadian peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 48 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh kelas XI IPS. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pola asuh orang-tua dan angket kepribadian. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang-tua yang dimiliki siswa termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentasi 77,08% dan kepribadian yang dimiliki juga termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentasi 93,75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang-tua dengan kepribadian rxy sebesar 0,466 dengan taraf signifikan sebesar 0,001 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubunga positif pola asuh orang-tua dengan kepribadian.

Kata kunci: pola asuh, orang-tua, kepribadian

Article Details

How to Cite
Anggraini, A., Hartuti, P., & sholihah, afifatus. (2018). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN SISWA SMA DI KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.10-18

References

  1. Azwar, S. (2012) “Penyusunan Skala Psikologi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Baumrind. Silalahi. (2010). Keluarga Indonesia Aspek dan Dinamika Zaman. Jakarta: Rajawali Pres.
  3. Buku Kamus Pelajar Bahasa Indonesia. (2003). Terbitan Pertama Ganeca Exact.
  4. Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rodakarya.
  5. Fedman, R. S (2012) Teori Kepribadian Terjemahan: Handrianto. Edisi VII. Jakarta: Selemba Humanika.
  6. Henry, Paul. (1986). Peranan Ibu Bapak Mendidik Anak. Bandung: Angkasa.
  7. Hurlock, B. Elizabet. (2009). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
  8. Prihatin, Eka. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
  9. Riduwan. (2010). Metode dan Teknik menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  10. Sjarkawi. (2011). Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integrasi Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.