Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pola asuh orang-tua dengan kepribadian peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 48 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh kelas XI IPS. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pola asuh orang-tua dan angket kepribadian. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang-tua yang dimiliki siswa termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentasi 77,08% dan kepribadian yang dimiliki juga termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentasi 93,75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang-tua dengan kepribadian rxy sebesar 0,466 dengan taraf signifikan sebesar 0,001 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubunga positif pola asuh orang-tua dengan kepribadian.
Kata kunci: pola asuh, orang-tua, kepribadian
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azwar, S. (2012) “Penyusunan Skala Psikologi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Baumrind. Silalahi. (2010). Keluarga Indonesia Aspek dan Dinamika Zaman. Jakarta: Rajawali Pres.
- Buku Kamus Pelajar Bahasa Indonesia. (2003). Terbitan Pertama Ganeca Exact.
- Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rodakarya.
- Fedman, R. S (2012) Teori Kepribadian Terjemahan: Handrianto. Edisi VII. Jakarta: Selemba Humanika.
- Henry, Paul. (1986). Peranan Ibu Bapak Mendidik Anak. Bandung: Angkasa.
- Hurlock, B. Elizabet. (2009). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
- Prihatin, Eka. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
- Riduwan. (2010). Metode dan Teknik menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Sjarkawi. (2011). Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integrasi Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
References
Azwar, S. (2012) “Penyusunan Skala Psikologi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baumrind. Silalahi. (2010). Keluarga Indonesia Aspek dan Dinamika Zaman. Jakarta: Rajawali Pres.
Buku Kamus Pelajar Bahasa Indonesia. (2003). Terbitan Pertama Ganeca Exact.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rodakarya.
Fedman, R. S (2012) Teori Kepribadian Terjemahan: Handrianto. Edisi VII. Jakarta: Selemba Humanika.
Henry, Paul. (1986). Peranan Ibu Bapak Mendidik Anak. Bandung: Angkasa.
Hurlock, B. Elizabet. (2009). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Prihatin, Eka. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2010). Metode dan Teknik menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sjarkawi. (2011). Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integrasi Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.