Isi Artikel Utama

Abstrak

Komunitas atau kelompok sosial merupakan salah satu cara remaja dalam mencari identitas jati dirinya di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan memahami motif-motif yang mendorong remaja memilih bergabung ke dalam komunitas di sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap tiga siswa anggota komunitas yang mewakili kelas 10, 11, dan 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif utama remaja bergabung dalam komunitas adalah kebutuhan akan rasa memiliki (sense of belonging), pencarian identitas, pengaruh senior dan tradisi, serta kebutuhan akan dukungan emosional. Komunitas berfungsi sebagai wadah pemenuhan kebutuhan sosial-emosional dan mekanisme coping dalam menghadapi tekanan akademik maupun sosial. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi sekolah dan konselor dalam mengembangkan program pembinaan siswa yang mengakomodasi kebutuhan remaja akan komunitas positif

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yuniarti Purnamasari, & Rina Nurhudi Ramdhani. (2025). MOTIF DI BALIK KEANGGOTAAN: MENGAPA REMAJA MEMILIH BERGABUNG KE DALAM KOMUNITAS?. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 8–18. https://doi.org/10.33369/consilia.8.2.8-18