Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MIPA B di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test post-test desain.Sampel penelitian ini sebanyak 10 orang siswa dari kelas X MIPA B di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu, yang diambil dengan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri siswa.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok terhadap tingkat kepercayaan diri siswa yaitu dengan menggunakan uji z yang hasilnya z= -2.805jadi p>0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci: kepercayaan diri, bimbingan kelompok, teknik penguatan positif

Article Details

How to Cite
Saputra, B., Hartuti, P., & Mishbahuddin, A. (2018). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA DI KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 60–68. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.60-68

References

  1. Ardita, dkk.(2014). Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Latihan Asertif danTeknik Penguatan Positif dalam Meningkatkan Academic Self-Efficacy Pada Siswa Kelas VII.Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
  2. Gazda, G M. (1984).Group Counseling Developmental Approach. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
  3. Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Prayitno.(1995). Layanan Bimbingan dan Konseling (dasar dan profil).Padang : Ghalia Indonesia.
  5. Prayitno.(1994). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta; rineka cipta.
  6. Sukardi.(2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
  7. Wahid Murni, dkk. (2010). Keterampilan Dasar Mengajar.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  8. Yusnita, Y. (2011). Kepercayaan Diri Siswa yang Aktif Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 23 Pekanbaru.Skripsi.Universitas Islam Negeri Sultan yarif Kasim Riau Pekan Baru.