Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian inimendeskripsikan evaluasi konseling oleh konselor sebaya di PIK-Remaja SLTA Negeri Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang diambil menggunakan teknik purposive sampling dari seluruh konselor sebaya dan klien yang pernah melakukan konseling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sasaran evaluasi dalam penelitian ini adalah seluruh konselor sebaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner dan pedoman wawancara. Hasil kuesioner dihitung menggunakan skala ideal. Analisis data dilakukan dengan melakukan analisis deskriftif. Hasil penelitian yang dilakukan di PIK-Remaja pada SLTA Negeri Kota Bengkulu, ketercapaian tujuan konseling oleh konselor sebaya diperoleh kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 51, pelaksanaan tahapan konseling oleh konselor sebaya diperoleh kategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 84, pelaksanaan prinsip-prinsip konseling oleh konselor sebaya diperoleh kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 39 dan pelaksanaan teknik konseling oleh konselor sebaya diperoleh kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 123,7.
Kata kunci: konselor sebaya, pik-remaja
Rincian Artikel
Referensi
- Abimanyu. (1996). Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
- BKKBN. (2010). Kurikulum Diklat Teknis PengelolaanPIK-Remaja/Mahasiswa. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia
- BKKBN. (2013). Pengelolaan PIK-R Dan PIK-M. Bengkulu: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
- BKKBN. (2013). Modul Pengembangan Program Generasi Berencana (Genre). Bengkulu: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
- Hadiwinarto. (2015). Evaluasi Akuntabilitas Bimbingan Dan Konseling. Bengkulu: Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu
- Komalasari, G. (2014).Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks
- Mashudi, F. (2012). Psikologi Konseling: Buku Panduan Lengkap dan
- Praktis Menerapkan Psikologi Konseling. Jogjakarta: IRCiSod
- Permana, E. J. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. JurnalPendidikan. Universitas Ahmad Dahlan. Vol.4, No.2
- Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta
- Wahyuni,E. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks
- Yusuf, Samsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Pres
Referensi
Abimanyu. (1996). Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
BKKBN. (2010). Kurikulum Diklat Teknis PengelolaanPIK-Remaja/Mahasiswa. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia
BKKBN. (2013). Pengelolaan PIK-R Dan PIK-M. Bengkulu: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
BKKBN. (2013). Modul Pengembangan Program Generasi Berencana (Genre). Bengkulu: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
Hadiwinarto. (2015). Evaluasi Akuntabilitas Bimbingan Dan Konseling. Bengkulu: Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu
Komalasari, G. (2014).Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks
Mashudi, F. (2012). Psikologi Konseling: Buku Panduan Lengkap dan
Praktis Menerapkan Psikologi Konseling. Jogjakarta: IRCiSod
Permana, E. J. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. JurnalPendidikan. Universitas Ahmad Dahlan. Vol.4, No.2
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta
Wahyuni,E. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks
Yusuf, Samsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Pres