Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang-tua dengan kecerdasan emosional pada siswa pelaku bullying di kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 32 siswa pelaku bullying. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rxy = 0,605 dengan p=0,000 (p<0,05) yang berarti Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang positif antara bimbingan orang-tua dengan kecerdasan emosional pada siswa pelaku bullying di kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu.
Kata kunci: bullying, bimbingan orang-tua, kecerdasan emosional
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agustin, Mustika Dewi. (2012) Hubungan Pola Asuh Orang Tua denhan Kecerdasan Emosional Remaja di SMA Negeri 3 Padang Tahun 2012. Skripsi. Padang: Universitas Andalas.
- Astarini, Karina. (2013). “Hubungan Perilaku Over Protective Orang Tua dan Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Psikologi, II (1), 30-34.
- Fitriyani, Listia. (2015), “Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emsional Anak”, Jurnal Lentera, XVIII (1), 93-110).
- Fitriyani, Listia. (2015), “Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emsional Anak”, Jurnal Lentera, XVIII (1), 93-110).
- Handayani, Nurfitri dan Fauziah, Nailul. (2016). “Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kecerdasan Emosional pada Guru Bersertifikasi Sekolah Menengah Atas Swasta Berakreditasi “A” Wilayah Semarang Barat”, Jurnal Empati, V (2), 408-412.
- Lazuardi, Glery (2015) Sudin Pendidikan Jakarta Selatan Panggil Pihak SDN 07 Kebayoran Lama, dari http: //www. tribunnews. com/metropolitan/2015/09/19/sudin-pendidikan-jakarta-selatan-panggil-pihak-sdn-07-kebayoran-lama., diunduh 20 Januari 2016.
- Levianti. (2008), “Konformitas dan Bullying pada Siswa”, Jurnal Psikologi , VI (1), 1-9.
- More, Imanuel (2012), Kronologi Bullying di SMA Don Bosco, dari http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/27/13213935/Kronologi.Bullying.di.SMA.Don.Bosco. , diunduh 22 Januari 2016.
- Pratiwi, Niken. (2012). “Hubungan Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Kelas 5 dan 6 di SD Sriwedari Kecamatan jaken Kabupaten Pati”, Jurnal, V (2) 1-8.
- Yunus, Sri Lestari. (2015). “Hubungan Pola Asuh dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo”, Jurnal Keperawatan, II (1), 1-14.
References
Agustin, Mustika Dewi. (2012) Hubungan Pola Asuh Orang Tua denhan Kecerdasan Emosional Remaja di SMA Negeri 3 Padang Tahun 2012. Skripsi. Padang: Universitas Andalas.
Astarini, Karina. (2013). “Hubungan Perilaku Over Protective Orang Tua dan Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Psikologi, II (1), 30-34.
Fitriyani, Listia. (2015), “Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emsional Anak”, Jurnal Lentera, XVIII (1), 93-110).
Fitriyani, Listia. (2015), “Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emsional Anak”, Jurnal Lentera, XVIII (1), 93-110).
Handayani, Nurfitri dan Fauziah, Nailul. (2016). “Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kecerdasan Emosional pada Guru Bersertifikasi Sekolah Menengah Atas Swasta Berakreditasi “A” Wilayah Semarang Barat”, Jurnal Empati, V (2), 408-412.
Lazuardi, Glery (2015) Sudin Pendidikan Jakarta Selatan Panggil Pihak SDN 07 Kebayoran Lama, dari http: //www. tribunnews. com/metropolitan/2015/09/19/sudin-pendidikan-jakarta-selatan-panggil-pihak-sdn-07-kebayoran-lama., diunduh 20 Januari 2016.
Levianti. (2008), “Konformitas dan Bullying pada Siswa”, Jurnal Psikologi , VI (1), 1-9.
More, Imanuel (2012), Kronologi Bullying di SMA Don Bosco, dari http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/27/13213935/Kronologi.Bullying.di.SMA.Don.Bosco. , diunduh 22 Januari 2016.
Pratiwi, Niken. (2012). “Hubungan Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Kelas 5 dan 6 di SD Sriwedari Kecamatan jaken Kabupaten Pati”, Jurnal, V (2) 1-8.
Yunus, Sri Lestari. (2015). “Hubungan Pola Asuh dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo”, Jurnal Keperawatan, II (1), 1-14.