Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang-tua dengan kecerdasan emosional pada siswa pelaku bullying di kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel  32 siswa pelaku bullying. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rxy = 0,605 dengan p=0,000 (p<0,05) yang berarti Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang positif antara bimbingan orang-tua dengan kecerdasan emosional pada siswa pelaku bullying di kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci: bullying, bimbingan orang-tua, kecerdasan emosional

Article Details

How to Cite
Juwita, D. H., Wasidi, W., & Sulian, I. (2018). HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG-TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA PELAKU BULLYING SMP KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 79–87. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.79-87

References

  1. Agustin, Mustika Dewi. (2012) Hubungan Pola Asuh Orang Tua denhan Kecerdasan Emosional Remaja di SMA Negeri 3 Padang Tahun 2012. Skripsi. Padang: Universitas Andalas.
  2. Astarini, Karina. (2013). “Hubungan Perilaku Over Protective Orang Tua dan Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Psikologi, II (1), 30-34.
  3. Fitriyani, Listia. (2015), “Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emsional Anak”, Jurnal Lentera, XVIII (1), 93-110).
  4. Fitriyani, Listia. (2015), “Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emsional Anak”, Jurnal Lentera, XVIII (1), 93-110).
  5. Handayani, Nurfitri dan Fauziah, Nailul. (2016). “Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kecerdasan Emosional pada Guru Bersertifikasi Sekolah Menengah Atas Swasta Berakreditasi “A” Wilayah Semarang Barat”, Jurnal Empati, V (2), 408-412.
  6. Lazuardi, Glery (2015) Sudin Pendidikan Jakarta Selatan Panggil Pihak SDN 07 Kebayoran Lama, dari http: //www. tribunnews. com/metropolitan/2015/09/19/sudin-pendidikan-jakarta-selatan-panggil-pihak-sdn-07-kebayoran-lama., diunduh 20 Januari 2016.
  7. Levianti. (2008), “Konformitas dan Bullying pada Siswa”, Jurnal Psikologi , VI (1), 1-9.
  8. More, Imanuel (2012), Kronologi Bullying di SMA Don Bosco, dari http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/27/13213935/Kronologi.Bullying.di.SMA.Don.Bosco. , diunduh 22 Januari 2016.
  9. Pratiwi, Niken. (2012). “Hubungan Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Kelas 5 dan 6 di SD Sriwedari Kecamatan jaken Kabupaten Pati”, Jurnal, V (2) 1-8.
  10. Yunus, Sri Lestari. (2015). “Hubungan Pola Asuh dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo”, Jurnal Keperawatan, II (1), 1-14.