Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kematangan emosi siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 06 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan one- group pre-test post-test desain. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 orang siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 06 Kota Bengkulu dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kematangan emosi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan peningkatan kematangan emosi. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan tingkat kematangan emosi (Z=-2.805, maka p<0,05), sehingga ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok berpengaruh dalam kematangan emosi siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 06 Kota Bengkulu.
Kata kunci: kematangan emosi, bimbingan kelompok
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Emzir. (2015). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT. Raja grafindo persada.
- Indarwati. (2011). “Hubugan antara tingkat keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bergas”. Skripsi. Semarang: Universitas Semarang.
- Martono, Nanang. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (analisis isi dan analisis data skunder). Jakarta: PT.Rajagrafindo Persadah
- Martono, Nanang. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (analisis isi dan analisis data skunder). Jakarta: PT.Rajagrafindo Persadah
- Nashuka, Farokhatin dan Darmawanti. (2013). “Perbedaan kematangan emosi remaja ditinjau dari struktur keluarga”. Jurnal psikologi. Universitas Negeri Semarang. Vol 3. No 2. 94.
- Ningsih, R. Praktiko, H. (2011). Konsep diri, kematangan emosi, dan kecendrungan menyontek. Jurnal psikologi. Universitas PGRI kediri dan Universitas 17 Agustus 1945. Surabaya. Vol 07. No 02. 595.
- Prayitno. (2014). Seri kegiatan pendukung konseling. Padang: Fkip UNP.
- Purwanti, Ika. (2010). Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kematangan emosi pada siswa SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Psikologi. Samarinda : Vol 01. N0 1
- Sukardi. (2003). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
- Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional
References
Emzir. (2015). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT. Raja grafindo persada.
Indarwati. (2011). “Hubugan antara tingkat keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bergas”. Skripsi. Semarang: Universitas Semarang.
Martono, Nanang. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (analisis isi dan analisis data skunder). Jakarta: PT.Rajagrafindo Persadah
Martono, Nanang. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (analisis isi dan analisis data skunder). Jakarta: PT.Rajagrafindo Persadah
Nashuka, Farokhatin dan Darmawanti. (2013). “Perbedaan kematangan emosi remaja ditinjau dari struktur keluarga”. Jurnal psikologi. Universitas Negeri Semarang. Vol 3. No 2. 94.
Ningsih, R. Praktiko, H. (2011). Konsep diri, kematangan emosi, dan kecendrungan menyontek. Jurnal psikologi. Universitas PGRI kediri dan Universitas 17 Agustus 1945. Surabaya. Vol 07. No 02. 595.
Prayitno. (2014). Seri kegiatan pendukung konseling. Padang: Fkip UNP.
Purwanti, Ika. (2010). Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kematangan emosi pada siswa SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Psikologi. Samarinda : Vol 01. N0 1
Sukardi. (2003). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional