Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kematangan emosi siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 06 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan one- group pre-test post-test desain. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 orang siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 06 Kota Bengkulu dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kematangan emosi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan peningkatan kematangan emosi. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan tingkat kematangan emosi (Z=-2.805, maka p<0,05), sehingga ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok berpengaruh dalam kematangan emosi siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 06 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci: kematangan emosi, bimbingan kelompok

Article Details

How to Cite
Saputra, B. A., Hadiwinarto, H., & Syahel, S. (2018). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMATANGAN EMOSI SISWA IPS SMAN KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 11–19. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.11-19

References

  1. Emzir. (2015). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT. Raja grafindo persada.
  2. Indarwati. (2011). “Hubugan antara tingkat keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bergas”. Skripsi. Semarang: Universitas Semarang.
  3. Martono, Nanang. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (analisis isi dan analisis data skunder). Jakarta: PT.Rajagrafindo Persadah
  4. Martono, Nanang. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (analisis isi dan analisis data skunder). Jakarta: PT.Rajagrafindo Persadah
  5. Nashuka, Farokhatin dan Darmawanti. (2013). “Perbedaan kematangan emosi remaja ditinjau dari struktur keluarga”. Jurnal psikologi. Universitas Negeri Semarang. Vol 3. No 2. 94.
  6. Ningsih, R. Praktiko, H. (2011). Konsep diri, kematangan emosi, dan kecendrungan menyontek. Jurnal psikologi. Universitas PGRI kediri dan Universitas 17 Agustus 1945. Surabaya. Vol 07. No 02. 595.
  7. Prayitno. (2014). Seri kegiatan pendukung konseling. Padang: Fkip UNP.
  8. Purwanti, Ika. (2010). Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kematangan emosi pada siswa SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Psikologi. Samarinda : Vol 01. N0 1
  9. Sukardi. (2003). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
  10. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional