Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window terhadap peningkatan pemahaman diri remaja Islam masjid. Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Subjek penelitian ini adalah 8 remaja Islam masjid Darul Hikmah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman diri remaja. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman remaja tentang pemahaman diri meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window. Mean pre-test = 13,5 dan mean post test = 20,13 dengan nilai t = -11,121 (Sig.<0,05). Berarti ada peningkatan pemahaman remaja tentang pemahaman diri remaja sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window.

Article Details

How to Cite
Suhendi, E., Hadiwinarto, H., & Sinthia, R. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK JOHARI WINDOW TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN DIRIREMAJA ISLAM MASJID. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 100–109. https://doi.org/10.33369/consilia.2.2.100-109

References

  1. Abidin, Z. 2011. Pamator. Jurnal Psikologi, 4(2), 129-136.
  2. Hartinah, S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
  3. Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga
  4. Kartono, K. 2014. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada
  5. Mappiare, A. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.
  6. Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.
  7. Santrock, J. W. 2007. Remaja. Jakarta : Erlangga.
  8. Sarjono, H., Julianita, W. 2013. SPPS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Salemba Empat.
  9. Sarwono, S. W. 2013. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  10. Smith, M. Bin. 2011. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1), 22-32.
  11. Sukardi, D. K. 1990. Analisis Tes Psikologis. Rineka Cipta
  12. Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  13. Zuriah, N. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.