Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window terhadap peningkatan pemahaman diri remaja Islam masjid. Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Subjek penelitian ini adalah 8 remaja Islam masjid Darul Hikmah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman diri remaja. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman remaja tentang pemahaman diri meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window. Mean pre-test = 13,5 dan mean post test = 20,13 dengan nilai t = -11,121 (Sig.<0,05). Berarti ada peningkatan pemahaman remaja tentang pemahaman diri remaja sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Z. 2011. Pamator. Jurnal Psikologi, 4(2), 129-136.
- Hartinah, S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
- Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga
- Kartono, K. 2014. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada
- Mappiare, A. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.
- Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.
- Santrock, J. W. 2007. Remaja. Jakarta : Erlangga.
- Sarjono, H., Julianita, W. 2013. SPPS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Salemba Empat.
- Sarwono, S. W. 2013. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Smith, M. Bin. 2011. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1), 22-32.
- Sukardi, D. K. 1990. Analisis Tes Psikologis. Rineka Cipta
- Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Zuriah, N. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
References
Abidin, Z. 2011. Pamator. Jurnal Psikologi, 4(2), 129-136.
Hartinah, S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga
Kartono, K. 2014. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Mappiare, A. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.
Santrock, J. W. 2007. Remaja. Jakarta : Erlangga.
Sarjono, H., Julianita, W. 2013. SPPS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Salemba Empat.
Sarwono, S. W. 2013. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Smith, M. Bin. 2011. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1), 22-32.
Sukardi, D. K. 1990. Analisis Tes Psikologis. Rineka Cipta
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zuriah, N. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.