Main Article Content

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling individu dengan Pendekatan Behavioral terhadap perilaku siswa membolos pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subyek Penelitian ini sebanyak 2 orang siswa dari kelas VIII A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang memiliki masalah membolos, diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan skrip konseling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling perorangan dengan Pendekatan Behavioral terhadap menurunnya dampak membolos pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan dari hasil konseling bahwa siswa mampu mengintegrasikan hal yang tidak disadari menjadi disadari, sehingga ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan konseling individu berpengaruh mengurangi dampak membolos siswa SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.

Kata kunci: Konseling individu, pendekatan behavioral, membolos.

Article Details

How to Cite
Alvian, A., & Sinthia, R. (2020). PERILAKU MEMBOLOS SISWA SMP N 22 KOTA BENGKULU (STUDI KASUS). Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 38–45. https://doi.org/10.33369/consilia.3.1.38-45