Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterbukaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Lubuklinggau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 orang siswa yang memiliki keterbukaan diri yang rendah dan sangat rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan keterbukaan diri siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hal ini terlihat dari mean pre-test = 60 dan mean post-test= 90 dengan nilai uji beda t yaitu thitung = 41,168> ttabel = 2,160 dan p = 0,000 (p<0,05). Artinya ada peningkatan keterbukaan diri siswa secara signifikan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.
Kata kunci: keterbukaan diri, layanan bimbingan kelompok
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Asmani, J. M. (2010). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
- Hanifa, S. N. (2013). Meningkatkan Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window pada Siswa Kelas XI IS 1 SMA Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2011/2012.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/, diunduh 18 Juli 2018.
- Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Naional. http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_ th_2003.pdf, diunduh 6 Juli 2018
- Mulyati, T.; Wardhani, E. K.& Imran, I. (2000).Modul 7Pengembangan Diri. PKBI
- Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia
- . (2004). Seri Kegiatan Pendukung Konseling: L.1 – L.9. Padang: Universitas Negeri Padang
- Setianingsih, E. S.; Sutoyo, A. & Purwanto, E. (2014).Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa, dari http://journal.unnes.ac.id/artikel.sju/jubk/4610, diunduh 20 Januari 2018.
- Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
- Syahrizal, D.; Sugiarto, A. (2013). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional & Aplikasinya. Jakarta: Laskar Aksara
- Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori – Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara
References
Asmani, J. M. (2010). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
Hanifa, S. N. (2013). Meningkatkan Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window pada Siswa Kelas XI IS 1 SMA Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2011/2012.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/, diunduh 18 Juli 2018.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Naional. http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_ th_2003.pdf, diunduh 6 Juli 2018
Mulyati, T.; Wardhani, E. K.& Imran, I. (2000).Modul 7Pengembangan Diri. PKBI
Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia
. (2004). Seri Kegiatan Pendukung Konseling: L.1 – L.9. Padang: Universitas Negeri Padang
Setianingsih, E. S.; Sutoyo, A. & Purwanto, E. (2014).Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa, dari http://journal.unnes.ac.id/artikel.sju/jubk/4610, diunduh 20 Januari 2018.
Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Syahrizal, D.; Sugiarto, A. (2013). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional & Aplikasinya. Jakarta: Laskar Aksara
Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori – Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara