Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Efikasi Diri dengan Kematangan Karier pada siswa kelas XI Tata Boga di SMK Negeri 3 kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 62 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh kelas XI. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner Efikasi Diri dan kuesioner Kematangan Karier. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara Efikasi Diri dengan Kematangan Karier dengan rxy sebesar 0,866, dengan taraf signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Efikasi Diri dengan Kematangan Karier, artinya semakin tinggi Efikasi Diri semakin tinggi Kematangan Karier, dan sebaliknya.
Kata kunci: efikasi diri, kematangan karier
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Abimanyu, S. (1990). Hubungan antara Beberapa Faktor Sosial dan Prestasi, Jenis Kelamin, dan Lokus Kendali dengan Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas. (Disertasi Tidak Dipublikasikan). Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP Malang, Malang
- Adilla, N. (2009). “Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karier Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.5 No 1, 57-58
- Amir, K. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kematangan Karier pada Siswa SMA 2 Subang Jawa Barat. (Skripsi) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Bandung
- Bandura, A, (1986). Social foundations of thought and Action : A Social Cognitive Theory. New Jerssey: Prentice-Hall
- Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta
- Dewi, T. (2007). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kematangan Karier
- Pada Siswa SMA Negeri 4 Semarang. (Skripsi) Program Studi Bimbingan
- dan Konseling FKIP Universitas Diponegoro Semarang, Semarang
- Komandyahrini E., Hawadi & Freyani, L. (2008). Hubungan Self Efficacy dan Kematangan dalam Memilih Karir Siswa Program Percepatan Belajar (Penelitian Pada SMAN 81 dan SMAN Lab School Jakarta). Jurnal Keberbakatan & Kreativitas. Vol. 02. No. 01. 119-133.
- Lathifa, W A. (2015). “Hubungan Antara Penalaran Moral dengan Kecerdasan Spritual pada Siswa” . Jurnal Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 1 No. 3 3-4
- Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana
- Prawitasari. J.E. (2012) Psikologi Terapan Melintas Batas Disiplin Ilmu. Jakarta:
- Penerbit Erlangga.
- Purnama, H. (2013). Hubungan Intensitas Konsep Diri dengan Hasil Kematangan Karier Siswa di man Nur Asholihat Lengkong Wetan Serpong. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.V 0l. X No.1 18-21
- Riduwan. (2010). Metode dan Teknik menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
- Sutardjo W. (2005). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Refika Aditama.
- Umami, I. (2015). “Keterampilan Belajar Sebagai Komponen Layanan Penguasaan Konten dalam Bimbingan Konseling”. Jurnal Ilmu Pendidikan Psikologi, Bimbingan dan Konseling. Vol.5 no. 4. 45-48
- Wulandari, P. (2010). Hubungan antara Kecerdasan Sosial dengan Kematangan Karier Pada Siswa SMA 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bimbingan dan Konseling Universitas Islam Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 30-32
References
Daftar Pustaka
Abimanyu, S. (1990). Hubungan antara Beberapa Faktor Sosial dan Prestasi, Jenis Kelamin, dan Lokus Kendali dengan Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas. (Disertasi Tidak Dipublikasikan). Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP Malang, Malang
Adilla, N. (2009). “Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karier Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.5 No 1, 57-58
Amir, K. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kematangan Karier pada Siswa SMA 2 Subang Jawa Barat. (Skripsi) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Bandung
Bandura, A, (1986). Social foundations of thought and Action : A Social Cognitive Theory. New Jerssey: Prentice-Hall
Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta
Dewi, T. (2007). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kematangan Karier
Pada Siswa SMA Negeri 4 Semarang. (Skripsi) Program Studi Bimbingan
dan Konseling FKIP Universitas Diponegoro Semarang, Semarang
Komandyahrini E., Hawadi & Freyani, L. (2008). Hubungan Self Efficacy dan Kematangan dalam Memilih Karir Siswa Program Percepatan Belajar (Penelitian Pada SMAN 81 dan SMAN Lab School Jakarta). Jurnal Keberbakatan & Kreativitas. Vol. 02. No. 01. 119-133.
Lathifa, W A. (2015). “Hubungan Antara Penalaran Moral dengan Kecerdasan Spritual pada Siswa” . Jurnal Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 1 No. 3 3-4
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana
Prawitasari. J.E. (2012) Psikologi Terapan Melintas Batas Disiplin Ilmu. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Purnama, H. (2013). Hubungan Intensitas Konsep Diri dengan Hasil Kematangan Karier Siswa di man Nur Asholihat Lengkong Wetan Serpong. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.V 0l. X No.1 18-21
Riduwan. (2010). Metode dan Teknik menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sutardjo W. (2005). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Refika Aditama.
Umami, I. (2015). “Keterampilan Belajar Sebagai Komponen Layanan Penguasaan Konten dalam Bimbingan Konseling”. Jurnal Ilmu Pendidikan Psikologi, Bimbingan dan Konseling. Vol.5 no. 4. 45-48
Wulandari, P. (2010). Hubungan antara Kecerdasan Sosial dengan Kematangan Karier Pada Siswa SMA 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bimbingan dan Konseling Universitas Islam Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 30-32